icon-category Travel

Tips Membeli Tiket Pesawat di Situs E-Commerce

  • 20 Aug 2019 WIB
Bagikan :

Saat ini, ada banyak sekali situs e-commerce yang menawarkan layanan pembelian tiket pesawat secara online. Biasanya para pengguna baru situs e-commerce ini merasa bingung saat akan pertama kali membeli. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat booking tiket pesawat online via e-commerce.

Bandingkan harga 

Dari banyaknya e-commerce yang menawarkan fasilitas booking tiket pesawat, Anda perlu menemukan satu yang memiliki harga terbaik. Jangan sampai Anda salah pilih e-commerce dan mendapatkan harga tiket yang sangat mahal. Tentu ini akan merugikan diri sendiri. Anda bisa pilih tiga sampai lima e-commerce yang paling banyak direkomendasikan untuk membeli tiket pesawat dan melihat berapa harga yang mereka tawarkan.

Misalnya saja, Anda akan terbang dari Jakarta ke Bali pada 17 Agustus. Dari beberapa e-commerce yang sudah dipilih tadi, lihat mana yang memiliki penawaran harga terbaik. Anda bisa melihat di situs Traveloka pesawat sebagai perbandingan e-commerce lainnya. Traveloka biasanya memiliki harga penerbangan yang rasional untuk setiap saatnya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Price Alert Traveloka yang akan memberikan notifikasi saat ada harga penerbangan terbaik untuk Anda.

Pastikan tidak ada hidden fee

Jika ada penawaran tiket pesawat murah di suatu e-commerce, jangan langsung tergiur dan membeli. Bisa jadi itu hanyalah jebakan hidden fee. Hidden fee ini biasanya biaya tambahan yang dibebankan pada Anda ketika membeli tiket pesawat murah. Contohnya saja biaya bagasi tambahan, asuransi perjalanan, dan lainnya. Anda perlu cermat dan teliti saat membandingkan harga di suatu e-commerce agar tidak terkena hidden fee.

Tipsnya, jika ada suatu e-commerce yang menawarkan harga tiket penerbangan jauh lebih murah dari yang lainnya, Anda perlu curiga dan cek keseluruhannya. Apakah mungkin harga tiket tersebut belum termasuk bagasi? Apakah harga tiket belum termasuk biaya administrasi? Apakah akan ada biaya lain yang bisa jadi dibebankan saat Anda sudah setuju untuk membeli tiket tersebut?

Perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Saat Anda membeli tiket di situs e-commerce, perhatikan juga fasilitas yang mereka tawarkan, utamanya layanan pengembalian tiket. Umumnya, tidak semua airline memberikan layanan refund untuk tiket yang sudah dibeli apapun itu alasannya. Oleh sebab itu, jika Anda memilih airline yang tidak memiliki layanan refund, tentu Anda harus menanggung sendiri kerugian yang harus dibayarkan jika saja tidak jadi terbang, ada kendala cuaca, dan kendala pada penerbangan itu sendiri.

Isikan data secara akurat

Saat Anda sudah setuju untuk membeli tiket penerbangan di e-commerce, pastikan untuk mengisi data dengan benar dan akurat. Jangan sampai ada kesalahan pada penulisan nama dan alamat e-mail karena dua hal ini akan jadi patokan pengiriman e-tiket Anda. Anda juga harus mengisikan data pribadi sesuai dengan yang tertera di kartu identitas, seperti KTP, SIM, dan paspor. Jika saja Anda salah mengisikan data pribadi, maka siap-siap saja mengalami masalah ketika check in, sebab petugas akan meminta kartu identitas untuk mencocokkan tiket dan penumpang.

Jika saja Anda melakukan kesalahan pada penulisan data pribadi, maka maskapai tertentu bisa memberikan layanan untuk mengganti isian data tersebut. Namun, Anda akan dibebankan biaya perubahan nama tersebut.

Pilih metode pembayaran

Selesai dengan memilih penerbangan dan mengisikan data pribadi, Anda akan diminta untuk memilih metode pembayaran tiket. Pilihan metode pembayaran ini juga bisa menjadi patokan apakah suatu e-commerce kredibel atau tidak. Jika e-commerce memiliki metode pembayaran yang beragam, bisa jadi situs tersebut termasuk yang baik dan tepercaya.

Saat Anda tiba pada tahap ini, pilihlah metode yang paling memungkinkan. Cek juga apakah mungkin ada diskon promo saat Anda memilih untuk membayar dengan metode tertentu. Biasanya, jika Anda menggunakan kartu kredit tertentu, ada potongan harga yang ditawarkan dan juga voucher pembayaran. Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin berhemat.

Tips terakhir membeli tiket pesawat di e-commerce adalah melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang diberikan. Bisa jadi itu 2 – 4 jam setelah proses booking. Tapi jika Anda menggunakan Traveloka, maka ada jangka waktu empat jam untuk pembayaran. Pastikan Anda membayar dalam jangka waktu ini agar tiket yang sudah dipesan tidak hangus. Semoga informasi ini membantu!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : tiket pesawat 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini