home ×
Digilife

Tips Memilih Paket Internet untuk di Rumah

24 February 2021 By
Tips Memilih Paket Internet untuk di Rumah
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - ‘Internet cepat buat apa sih?’ rasanya tepat ditanyakan untuk kalian pengguna fixed broadband. Karena jangan salah memilih paket internet yang tepat untuk rumah kalian.

Sebagian besar penyedia layanan internet biasanya memiliki panduan di situs web mereka, tetapi panduan seperti itu terkadang akan mencoba memberi kalian manfaat dari kecepatan lebih cepat yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan.

Biar tidak salah memilih, berikut panduan memilih paket kecepatan internet seperti dirangkum dari Cnet, Rabu (24/2).

Ideal 25 Mbps

Di Amerika Serikat, saat infrastruktur internet sudah stabil, Komisi Komunikasi Federal mendefinisikan kecepatan internet 25 Mbps sebagai layanan lanjutan.

Maksudnya ini menjadi kecepatan internet ideal bagi kalian yang menggunakan internet setiap hari dengan beragam aktivitas.

Cek Kebutuhan Kalian

Saat ini, dengan begitu banyak orang yang bekerja dari rumah, banyak dari kita menggunakan lebih banyak internet daripada biasanya. Namun, hal itu tidak berlaku untuk semua orang.

Jika kalian bekerja dari rumah, streaming banyak video resolusi tinggi, atau secara teratur bermain game online, kalian mungkin membutuhkan lebih banyak kecepatan internet daripada seseorang yang dengan santai menggunakan platform media sosial.

Berapa Perangkat yang Tersambung

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam pencarian untuk kecepatan internet yang ideal adalah berapa banyak pengguna dan perangkat yang ada di jaringan di rumah pada hari tertentu.

Dari satu atap di rumah mungkin hanya terdiri dari satu atau dua orang, tetapi bisa menampung 10 hingga 15 perangkat (laptop, ponsel, konsol game, TV pintar, gadget rumah pintar, apa saja).

Jika kalian menggunakan perangkat ini secara konsisten, pasti ingin memastikan kecepatan internet memiliki bandwidth untuk mencakup semuanya.

Baca juga: Internet Cepat di Indonesia Bukan di Jakarta

Video sering kali memakan bandwidth terbesar, jadi bidiklah paket internet yang dapat mengakomodasi kebiasaan menonton.

Bila kebiasaan menonton steaming video seperti Netflix dengan kualitas HD hingga termasuk sering, termasuk melakukan panggilan video sebaiknya kalian menggambil paket internet di atas 35 Mbps. Idealnya sih 50 Mbps.

Berikut rekomendasi kecepatan internet untuk di rumah berdasarkan aktivitasnya



Disclaimer: Perlu diketahui juga bahwa memiliki paket internet cepat tidak menjamin internet kencang. Kemacetan jaringan, penempatan router yang buruk, gangguan dari jaringan terdekat dan faktor-faktor lain semuanya dapat memperlambat segalanya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article