home ×
Digilife

Tips Memilih Perangkat untuk Belajar Online

14 June 2021 By
Tips Memilih Perangkat untuk Belajar Online
Share
Share
Share
Share

Photo by Compare Fibre on Unsplash

Uzone.id - Pandemi yang masih berlangsung membuat pembelajaran daring masih terus berlangsung hingga saat ini. Para guru dan siswa mengubah cara belajar mengajar mereka menjadi serba digital.

Maka dari itu, agar terus lancar dalam melakukan pembelajaran online, para siswa maupun guru terus menggunakan teknologi baik itu perangkat yang mendukung pembelajaran digital maupun aplikasi yang menjadi sarana untuk belajar.

Perangkat untuk belajar merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar proses belajar tidak terganggu berbagai kendala. Tak perlu canggih dan mahal, berikut tips memilih perangkat-perangkat baik itu laptop, tablet, maupun smartphone yang pas digunakan untuk belajar online.

Perangkat dengan Memori Besar

Memori yang besar dalam perangkat akan menampung banyak file-file tugas, video pembelajaran atau mendownload berbagai macam aplikasi sebagai sarana pendukung pembelajaran.

Dengan kapasitas memori yang besar, siswa maupun guru bisa dengan leluasa menampung file penting tanpa khawatir kehabisan ruang. Maka dari itu, ketika memilih perangkat untuk belajar, yang paling penting untuk diperhatikan adalah besarnya kapasitas memori.

Perangkat dengan RAM Besar

Salah satu pertimbangan dalam memilih laptop, tablet ataupun smartphone adalah kapasitas RAM. Penyimpanan RAM merupakan penyimpanan utama pada sebuah perangkat. besarnya kapasitas RAM dapat mempengaruhi kecepatan akses suatu perangkat dalam menjalankan aplikasi, termasuk aplikasi pembelajaran. 

Pembelajaran daring takkan terhalang oleh kendala-kendala seperti lambat akses atau perangkat yang tiba-tiba mati karena tidak mampu menjalankan aplikasi dengan memori besar. 

Perangkat Dengan Baterai yang Awet

Pembelajaran secara daring bisa memakan waktu dari pagi hingga sore, belum lagi mengerjakan tugas yang dilakukan diluar jam belajar bisa memakan waktu hingga malam hari. Kemampuan baterai yang awet dalam perangkat harus diperhatikan ketika belajar online. 

Baterai yang awet takkan membuat para pelajar maupun guru khawatir ketika melakukan kelas daring dengan jangka waktu yang panjang. Begitupun ketika siswa maupun guru yang melaksanakan pembelajaran ketika dalam perjalanan ataupun ruang ruangan, mereka tak perlu stand by menyediakan alat isi daya karena baterai yang mampu digunakan berjam-jam.

Namun, selain perangkat yang mumpuni, belajar online juga harus dibarengi dengan platform dan aplikasi pembelajaran yang mudah, efektif, menarik dan efisien. 

Pijar Sekolah merupakan platform pendidikan digital terintegrasi yang memberikan kemudahan bagi siswa, guru dan orang tua lewat aplikasi dan fitur-fiturnya yang interaktif dan menyenangkan.

Berbagai fitur seperti Buku Digital, Buku Interaktif, Lab Maya, Video Pembelajaran, Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi dan Manajemen Sekolah hadir sebagai layanan untuk mempermudah akses belajar digital bagi pengajar maupun siswa.

Fitur Tugas dan Modul sangat membantu pihak guru dalam menyampaikan materi pada siswa secara terjadwal, begitupun dengan pemberian tugas secara konsisten kepada siswa dapat mempermudah akses siswa untuk mendapatkan hasil dari yang telah mereka kerjakan.

Tak hanya itu, ujian sekolah berbasis aplikasi menjadi fitur unggulan yang memudahkan proses pembuatan dan penjadwalan soal oleh guru kepada siswa. Dengan Ujian Online Pijar Sekolah, guru juga masih bisa mengawasi proses pelaksanaan ujian sekolah meski dilakukan secara daring.

Hingga saat ini, Pijar Sekolah telah digunakan lebih dari 4 ribu sekolah untuk melaksanakan pembelajaran online selama pandemi ini. Untuk mendapat kemudahan dalam pembelajaran digital dan mengetahui lebih lanjut mengenai Pijar Sekolah, bisa diakses lewat situs resminya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id