icon-category News

Tips Memilih Sayur untuk Diet

  • 05 Dec 2016 WIB
  • Bagikan :


    Anda sedang diet? Jangan sampai sayuran absen dari menu harian Anda.

    Dietary Guidelines for Americans tahun 2010 merekomendasikan setiap orang untuk mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi setiap hari. Hal ini untuk membantu mencapai dan menjaga berat badan yang ideal.

    Selain memberikan hasil yang memuaskan, mengonsumsi sayur juga dapat memberikan hasil yang permanen. Artinya Anda tidak perlu takut cepat gemuk lagi. Lain halnya dengan diet menggunakan obat-obatan.

    Berat badan memang bisa turun secara instan, tetapi juga cepat meningkat kembali. Selain itu, efek samping obat-obatan pelangsing juga tidak baik untuk kesehatan.

    Lalu, apakah semua sayur baik untuk mengontrol dan menurunkan berat badan? Berikut ini pilihan sayuran yang dapat Anda konsumsi saat diet:

    Brokoli

    Brokoli mengandung 60 persen karbohidrat, 40 persen protein, mineral, vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan selenium. Selain itu, brokoli juga memiliki pitonutrien yang dapat meningkatkan testosteron dan membantu menghancurkan penyimpanan lemak dalam tubuh.
    Bayam
    Bayam biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk membakar kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan. Apalagi bayam juga kaya akan tilakoid, senyawa yang memberikan efek menurunkan rasa lapar.

    Untuk pembentukan otot, bayam juga memiliki peran yang amat penting. Perlu diketahui, semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang dibakar saat beristirahat.

    Kacang dan Wortel

    Kacang-kacangan memiliki kandungan protein tinggi dan serat untuk membantu diet (asalkan tidak digoreng). Sedangkan wortel mempunyai kandungan vitamin A, K, C, dan mineral tinggi.
    Paprika
    Paprika mengandung dihydrocapsiate dan vitamin C, sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Vitamin C akan memengaruhi hormon yang berperan dalam proses penyimpanan lemak.

    Kentang

    Kentang yang disajikan dalam keadaan dingin, misalnya sebagai salad, ternyata mampu mengurangi lemak di bagian perut.

    Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi sayur sangat banyak—untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jika Anda tidak terlalu suka sayur, cukupilah kebutuhan nutrisi selama diet dari asupan lain, seperti susu Slim & Fit.

    Susu ini tinggi protein dan tinggi serat, sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Per sajinya mengandung gizi yang setara dengan 1 porsi beras merah, 2 butir telur, 5 buah apel, dan 7 mangkok brokoli. Semoga berat badan ideal Anda segera tercapai!

    [RS/RH]

    Baca Juga:

    via https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/rss/metranet

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : Diet sayur Klikdokter 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini