home ×
Digilife

Tips Mencari Untung Bisnis dari Rumah

12 February 2021 By
Tips Mencari Untung Bisnis dari Rumah
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Pandemi Covid-19 telah memberikan kesempatan banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. Kita bisa belajar, bekerja, atau bahkan mencari untung dari berbisnis selama masa karantina.

Ya! Di tengah kesibukan belajar dan bekerja, kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan uang tambahan dari banyak hal. Sebagai contoh, kalian bisa menawarkan jasa dari hobi atau merintis bisnis rumahan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan untung dari bisnis tersebut? Berikut ini beberapa kiatnya seperti kami rangkum dari berbagai sumber.

Berjualan secara online

Untuk dapat meraih untung dari berbisnis, kalian wajib mengetahui terlebih dahulu soal tren belanja masyarakat. Selama pandemi Covid-19, belanja online terus menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari rumah.

Data Bank Indonesia pada bulan Agustus 2020 juga menunjukkan kenaikan transaksi e-commerce sebesar 26 persen selama pandemi. Ada pula lonjakan transaksi harian hingga 4,8 juta dan jumlah konsumen baru mengalami peningkatan hingga 51 persen.

Menurut laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company, ekonomi digital tanah air juga dinilai tetap tangguh di tengah pandemi.

Sektor e-commerce menunjukkan performa terbaik yang naik 54 persen menjadi USD32 miliar atau sekitar Rp454 triliun pada 2020, dari USD21 miliar atau sekitar Rp298 triliun pada 2019.

Pertumbuhan momentum e-commerce di Indonesia juga tercermin dari peningkatan lima kali lipat jumlah supplier lokal yang mencoba berjualan online karena pandemi.

Riset barang yang paling banyak dibeli

Selain terjadi peralihan belanja dari offline ke online, ada pula perubahan tren barang yang dibeli. Selama pandemi Covid--19, ada beberapa barang yang mengalami lonjakan permintaan.

Berdasarkan data Tokopedia yang diungkap Januari 2021, produk makanan yang paling laris selama pandemi di 2020 adalah madu, kopi dan frozen food. Penjualan produk kesehatan juga meningkat.

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Fakta menariknya, total masker yang terjual mencapai lebih dari 5 kali total penduduk pulau Jawa. Di sisi lain, jumlah hand sanitizer yang terjual mencapai 4 kali total penduduk Bali.

Jadi, bila ingin menentukan produk untuk bisnis rumahan, kalian bisa mengacu pada temuan tersebut.

Menawarkan jasa berdasarkan hobi

Apakah kalian ahli dalam suatu bidang? Bila tidak ingin menjajakan barang, kalian sebenarnya bisa menawarkan jasa berdasarkan hobi.

Sebagai contoh, bila kalian adalah seorang penulis atau desainer grafis, kalian bisa menjual artikel atau gambar ke klien. Kalian juga bisa mendaftarkan diri di situs freelance untuk menawarkan jasa.

Ikut pelatihan guna meningkatkan penjualan

Untuk memaksimalkan penjualan, kalian bisa mengikuti berbagai pelatihan terkait bisnis online. Pijar Mahir merupakan salah satu digital platform pelatihan bersertifikat pendidikan vokasi dan profesi.

Platform ini mempertemukan dunia industri dengan institusi pelatihan, badan sertifikasi, komunitas profesi, pencari kerja, dan pencari sertifikasi secara mudah, cepat, transparan dan berkualitas.

Karena itu, kalian bisa menemukan banyak pelatihan di sini. Sebagai contoh, buat kalian yang ingin mengembangkan bisnis jajanan rumahan, kalian bisa mengikuti pelatihan Dari Rumah jadi Berkah, Bisnis Jajanan Rumahan. Di sini, kalian akan mempelajari cara menjadi pebisnis jajanan rumahan.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Ada pula kursus Pelatihan Jualan Online yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kalian membuka toko online secara cepat, menggunakan aplikasi tertentu, memberdayakan media sosial untuk menarik pelanggan, dan menentukan aplikasi daring (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan serta layanan.

Untuk kalian yang ingin menjadi freelancer, Pijar Mahir juga menyediakan pelatihannya. Salah satunya, yaitu kursus 13 Langkah jadi Freelancer yang bertujuan untuk membantu kalian memperoleh langkah praktis untuk menjadi freelancer profesional.

Sebenarnya, ada begitu banyak kursus yang tersedia di Pijar Mahir. Cara mencarinya juga mudah. Kalian hanya perlu mencari kursus sesuai kebutuhan kalian di pencarian pada situs web pijarmahir.id.

Pelatihan lengkap di Pijar Mahir

Dengan mengakses secara online, Pijar Mahir banyak memberikan pelatihan yang relevan untuk mendongkrak bisnis kalian dari rumah. Untuk meningkatkan penjualan bisa memilih kategori ‘Wirausaha’.

Di sana, kalian bisa menemukan pelatihan seperti Dari Rumah jadi Berkah, Bisnis Jajanan Rumahan.

Dengan harga Rp75 ribu sudah bisa mendapatkan pelatihan berupa pre test, pembelajaran melalui video, post test hingga mendapatkan sertifikat di akhir prosesnya.

Masih banyak lagi pelatihan yang mungkin bisa menjadi inspirasi kalian untuk menemukan bisnis apa yang tepat.

Sudah punya produk dan ingin meningkatkan promosi yang efektif melalui online juga tersedia di Pijar Mahir melalui kategori Mahir Marketing atau lebih spesifik.

Di kategori kita akan diajarkan bagaimana mencari celah promosi yang tepat menggunakan Google Ads atau media sosial lainnya. Intinya, asal ada kemauan pasti ada jalan.

Dan Pijar Mahir membantu kalian untuk mengasah kemampuan tersebut dengan sejumlah pelatihan yang berkualitas dengan harga beragam.

Jadi tunggu apalagi, yuk mulai cari untung melalui bisnis dari rumah!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id