icon-category Technology

Cara Mengenali Produk Resmi Xiaomi Indonesia

  • 16 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

    Harus diakui bahwa saat ini masih cukup banyak smartphone black market (BM) Xiaomi yang beredar di pasaran Indonesia. Tidak hanya dijual melalui toko online, toko-toko offline pun masih sering menyediakan produk yang tentunya berstatus tidak resmi tersebut.

    Padahal, Xiaomi Indonesia telah memberi banyak kemudahan bagi Mi-Fans untuk mendapatkan produk mereka. Mulai dari dengan cara membuka official store di hampir semua mitra online, hingga memperluas jaringan Authorized Mi Store di banyak kota.

    Mungkin tidak semua konsumen secara khusus ingin membeli produk non-resmi. Bisa jadi, masih ada konsumen yang sesungguhnya tidak mengetahui bahwa ternyata perangkat yang mereka beli bukan yang diedarkan langsung oleh Xiaomi Indonesia.

    Membeli produk resmi banyak keuntungannya. Tidak hanya garansi dan layanan purna jual yang lebih terjamin, tapi juga memastikan IMEI smartphone tersebut tidak terkena blokir terkait peraturan baru pemerintah soal smartphone black market. Tentu Anda tidak ingin smartphone Xiaomi yang Anda beli diblokir dan tidak bisa menggunakan SIM-card seluruh operator di Indonesia, ‘kan?

    Lalu, bagaimana cara agar selalu mendapatkan produk yang bergaransi resmi? Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengenali apakah perangkat Xiaomi yang Anda beli benar-benar resmi dari Xiaomi Indonesia atau tidak. Yuk, langsung saja simak:

    1. Periksa bagian belakang dus/kotak smartphone

    Ketika melihat dus bagian belakang, pastikan Anda menemukan tulisan “diproduksi oleh: PT Sat Nusapersada tbk”, dan “untuk: PT. Xiaomi Technology Indonesia”. Perlu diketahui bahwa informasi ini sedikit berbeda dari sebelumnya, karena baru diterapkan mulai produk Redmi 7A dan seterusnya.

    2. Ada stiker garansi Xiaomi

    Xiaomi memperkenalkan stiker garansi Xiaomi di seluruh produk smartphone resminya. Stiker ini akan hadir secara bertahap, dan pertama kali mulai dari Redmi 7A dan seluruh produk smartphone resmi Xiaomi kedepannya.

    3. Lihat isi di dalam kotak

    Didalam kotak, pastikan Anda mendapatkan pengisi daya (charger) standar Indonesia, daftar pusat layanan, dan buku panduan dalam Bahasa Indonesia.

    4. Cek IMEI

    Saat ini semua smartphone yang beredar secara resmi di Indonesia memiliki IMEI yang telah terdaftar di dalam database Kemenperin. Untuk membuktikan produk yang Anda beli adalah produk resmi, langsung cek IMEI di https://imei.kemenperin.go.id/.

    5. Beli di channel resmi

    Selalu membeli produk Xiaomi dari channel dan mitra online/offline resmi Xiaomi. Channel resmi Xiaomi adalah Authorized Mi Store dan Mi.com, sementara mitra offline resminya terdiri dari retail-retail resmi dan Erafone.

    Untuk mitra online resmi Xiaomi antara lain Lazada Xiaomi Flagship Store, Blibli Xiaomi Official Store, JD.ID Xiaomi Official Store, Shopee Xiaomi Official Store, Tokopedia Xiaomi Official Store, dan Akulaku Xiaomi Official Store.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini