Lifestyle

Tips Menjaga Bentuk Payudara

Perubahan yang terjadi pada payudara setiap perempuan memang bisa berbeda-beda. Namun, menurut dr. Rebecca Brightman, seorang dokter kandungan asal New York, beberapa hal berikut merupakan perubahan yang paling umum terjadi pada perempuan.

(Baca juga artikel: Serum Perawatan Tubuh)

Post-Puberty

Saat masa puber, payudara sedang dalam tahap pertumbuhan. Namun saat menginjak usia 18 hingga 20 tahun, payudara biasanya sudah tumbuh dengan sempurna. Tapi bukan berarti ukuran payudara Anda tak bisa berubah lagi. Beberapa faktor seperti perubahan hormon dan penurunan atau penambahan berat badan bisa mempengaruhi ukuran payudara. Di usia 20an sampai 30an, payudara sedang dalam kondisi prima. Hal ini disebabkan oleh payudara cenderung memproduksi jaringan serat fibrosa lebih banyak dibandung sel lemak.

Pregnancy

Jika sedang hamil, payudara biasanya akan mengalami perubahan yang cukup drastis tak peduli berapa usia Anda saat itu. “Tanpa diragukan lagi, ukuran payudara akan membesar secara signifikan,” tutur dr. Brightman. Singkat kata, payudara perempuan hamil akan terasa lebih empuk, terlihat padat, dan tak terlalu berlemak. Biasanya perubahan ukuran akan terjadi di awal trimester, namun tak menutup kemungkinan ada perempuan yang baru mengalaminya di akhir kehamilan atau malah tidak sama sekali. Areola dan puting biasanya akan mengalami perubahan warna menjadi sedikit lebih gelap.

(Baca juga artikel: Semakin Cantik Pasca Melahirkan dengan Perawatan Ini)

After Pregnancy

Setelah melahirkan, perempuan dapat memilih untuk menyusui atau tidak. Jika memilih untuk tidak menyusui, biasanya bentuk payudara akan kembali lagi seperti sebelum hamil. Namun di beberapa kasus tertentu, payudara malah mengecil, lebih berlemak, dan kurang padat. Saat Anda memilih untuk menyusui, payudara terisi dengan ASI dan akan ukurannya akan bertambah sekaligus terasa lebih padat. Namun saat periode menyusui dan memompa ASI telah selesai, otot penyokong payudara biasanya akan melemah karena ia bekerja sangat keras selama Anda menyusui. Payudara biasanya tampak lebih “kosong” dan kurang padat. Hal ini bisa diatasi dengan olahraga teratur dan penggunaan produk perawatan khusus payudara untuk memperindah bentuknya.

Pre-Menopause

Apabila Anda tak pernah hamil, perubahan signifikan baru akan terasa di usia 40an. Menurut dr. Brightman, gravitasi merupakan alasan utama perubahan bentuk payudara yang dialami. Ada juga faktor lain seperti berkurangnya elastisitas kulit dan tumpukan lemak yang kian banyak. Di rentang usia ini, breast pain makin sering terjadi dan itu merupakan hal yang normal. Payudara yang kadang terasa mengencang dan nyeri ini disebabkan oleh tingkat estrogen tidak stabil menjelang menopause. 

Jangan lupa gunakan produk rekomendasi kami yang ada di gambar untuk perawatan maksimal payudara Anda.

 

(Baca juga artikel: Rawat Kecantikan dengan Perawatan Asal Jawa)

Tags : tips payudara kehamilan