Gadget

Tips Menyiasati Memori Terbatas di OPPO A16

  • 23 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - OPPO A16 yang dijual sejak Juli 2021 lalu diklaim sebagai sahabat bagi para siswa yang butuh perangkat untuk sekolah online. Namun banyak dari mereka yang mengeluhkan terbatasnya kapasitas memori yang ada di perangkat tersebut. Padahal sejatinya kita bisa menyiasatinya.

    OPPO A16 memang memiliki memori yang terbatas. Saat dijual pertama kali, perangkat ini dijual dengan memori RAM sebesar 3GB dan ROM 32GB. Harganya yang terjangkau membuat banyak orang tua lebih memilih perangkat ini, walau terbatas memori. Nah, berikut tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tempat penyimpanan di dalam perangkat ini.

    1. Idle Time Optimizer
    OPPO A16 dapat secara otomatis menganalisa ponsel untuk file sampah. Jadi ketika ada file-file yang tidak lagi digunakan, kamu bisa langsung menghapusnya dari folder penyimpanan. Nantinya, file-file itu akan terdeteksi sebagai file sampah dan perangkat akan otomatis membersihkannya. Proses pembersihan file sampah ini dilakukan saat malam hari, tepatnya saat pengguna tertidur lelap sehingga keesokan paginya ponsel dapat berjalan dengan lancar karena beban telah diringankan.

    2. Kartu memori tambahan
    Perangkat ini sejatinya dilengkapi dengan slot dual sim yang menyisakan satu slot lagi untuk memori eksternal sebagai daya tampung tambahan. Jadi tak perlu khawatir jika ROM terbatas di OPPO A16 karena bisa ditambah dengan memori ekstra. Kartu memori bisa di ekspansi sampai 256GB. Sangat berguna bagi kamu yang ingin meningkatkan kapasitas memori di smartphohe dengan harga kurang dari Rp2 juta ini.

    3. Aktifkan HeyTap Cloud
    Untuk menyimpan file di perangkat dengan memori terbatas, tak hanya bisa mengandalkan storage internal. Selain bisa menambah memori secara eksternal, bisa juga berlangganan cloud. Di OPPO A16 ada HeyTap Cloud, yakni penyimpanan cerdas untuk data dan file yang ada. Semua file bisa disimpan, mulai dari foto kontak, dan informasi lainnya bisa disimpan dengan aman di penyimpanan cloud milik Heytap dengan fitur perlindungan data. Yang menarik, HeyTap Cloud memungkinkan pengguna untuk mengelola data dengan mudah. Pengguna dapat dengan cepat mengembalikan data tersebut dari penyimpanan HeyTap Cloud ke ponsel ketika terjadi kehilangan perangkat secara tidak sengaja atau ketika ingin mengganti ponsel OPPO yang baru.

    4. Varian yang lebih besar
    Jika RAM dan ROM sebesar itu dirasa tidak cukup, mungkin bisa juga dengan cara mengganti perangkat ke varian yang lebih besar. Diketahui, OPPO A16 juga memiliki varian RAM/ROM 4GB/64GB dan bisa diperluas lagi dengan microSD 256GB. OPPO A16 4/64 hadir dalam dua pilihan warna Pearl Blue dan Space Silver, perangkat ini dijual dengan harga Rp2.499 juta, tersedia secara luring bertahap mulai hari ini dan tersedia merata secara nasional pada akhir September 2021.

    Jangan lupa, walaupun bukan perangkat yang termasuk dalam kategori premium atau flagship, OPPO melengkapi A16 4/64 dengan sertifikasi IPX4 Waterproof yang membuatnya anti cipratan air. Prosesornya juga dibekali Mediatek Helio G35, ukuran layar besar 6,52 inci, baterai 5000 mAh dan tiga kamera belakang serta satu kamera selfie di depan, ditambah sistem operasi keren dari ColorOS 11.1 berbasis Android 11.