icon-category Technology

Tips Mudah Membuat Foto Long Exposure dengan iPhone

  • 29 Nov 2017 WIB
  • Bagikan :

    Long exposure adalah salah satu teknik fotografi yang kuncinya pada pengaturan kecepatan rana kamera yang lambat. Teknik ini bisa menghasilkan foto yang sangat menarik karena akan menangkap jejak subyek yang bergerak. Jika memotret landscape dengan subyek aliran air misalnya aliran air akan tampak lebih halus dan jika memotret subyek yang menghasilkan cahaya seperti lampu kendaraan yang bergerak hasil foto akan terlihat hanya garis-garis cahaya.

    Pada umumnya membuat foto long exposure dengan kamera digital dibutuhkan bantuan tripod. Ini tentunya untuk menjaga kamera tetap stabil dan menghindari blur saat memotret dengan kendali pengaturan kecepatan rana kamera yang lambat.

    Lalu apakah bisa memotret long exposure dengan kamera iPhone? Bisa, bahkan caranya sangat mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi kamera tambahan dan tripod.

    1. Pastikan fitur Live Photos aktif

    Sejak muncul pertama kali di iOS untuk iPhone 6s dan 6s Plus, fitur Live Photos berhasil memberikan pengalaman memotret yang lebih menyenangkan dengan kamera iPhone. Nah, lewat pembaruan yang dibawa oleh iOS 11 Live Photos kini hadir dengan dukungan fitur tambahan. Salah satunya adalah Long Exposure.

    Untuk membuat foto long exposure dengan kamera iPhone, di aplikasi kamera iPhone pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur Live Photos sebelum mengambil foto. Jika aktif ikon Live Photos akan berwarna kuning.

    2. Ambil foto


    Untuk memaksimalkan kreasi foto long exposure, pastikan Anda memotret subyek yang bergerak secara kontinu. Kondisi lalu lintas di jalan raya atau air yang mengalir sangat ideal untuk membuat foto long exposure. Saat memotret usahakan tangan Anda stabil agar hasil bidikan tidak blur.

    3. Pasang efek


    Setelah foto diambil kemudian buka aplikasi Photo. Pilih foto yang sudah diambil kemudian sapu layar keatas. Di sini Anda akan menemukan beragam efek yang ditawarkan oleh Live Photos seperti misalnya Live, Loop, Bounce dan Long Exposure.

    Pilih opsi Long Exposure. Secara otomatis iPhone akan langsung megubah foto Anda menjadi foto Long Exposure yang sangat kece untuk dibagikan ke Instagram, Facebook atau jejaring sosial lainnya. Sangat mudah sekali bukan? Selamat Mencoba!!!

    NB: Tips ini hanya bisa digunakan untuk pengguna iPhone 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus dan iPhone X yang menjalankan iOS 11.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini