home ×
Auto

Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi, Seribet Apa Sih?

28 May 2019 By
Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi, Seribet Apa Sih?
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Kalian udah mau mudik? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk sampai ke kampung hlaman.

Bisa naik mobil pribadi, naik motor,naik pesawat, naik bus, naik kereta, sampai kalau perlu jalan kaki pun bisa.

Namun, kami lebih merekomendasikan pulang kampung naik mobil pribadi. Selain lebih aman dari sepeda motor, juga lebih fleksibel dan nyaman dibanding angkutan umum semacam bus atau travel.

Naik kereta asik sih, gak kena macet, tapi sulit dapet tiketnya. Naik pesawat apalagi, selain nyaman juga cepat, tapi harga tiketnya muahaaall..

Video tips mudik pakai mobil pribadi:

Karenanya, mobil pribadi dianggap paling mewakili milenial untuk mudik kali ini.

Selain lebih fleksibel dan bebas di perjalanan, biaya lebih murah, juga kenyamanan yang terjaga.

Namun, tetap ada yang perlu dipersiapkan aar mudik kalian tetap lancar jaya. Mau tau apa saja? Berikut kami beberkan tipsnya:

 

Tentu siapkan mobilnya dulu dong

Mau mudik pakai mobil tapi mobilny gak ada? Ah kalian becanda. Jadi hal pertama yang harus disiapkan adalah mobilnya.

Tentukan jenis mobil berdasarkan kebutuhan kalian. Misalnya, berapa banyak barang yang mau dibawa? Berapa banyak penumpang yang ikut? Sampai bagaimaa kondisi rute yang akan ditempuh.

Ketiga pertanyaan tersebut bakal menentukan jenis mobil apa yang akan digunakan.

Kalau kami sih, lebih suka mobil yang berjenis SUV. Kenapa?

Dengan ketangguhan khas SUV, mobil tersebut jadi bisa fleksibel diajak melintas di kondisi jalan apapun, tangguh, ground clearence tinggi, juga kaki-kaki yang biasanya lebih kuat.

SUV dengan dimensinya yang bongsor juga gak akan terkena intimidasi pengmudi lain saat bermacet-macetan di arus mudik.

Selain itu, SUV saat ini udah bisa menampung banyak penumpang dengan nyaman sekaligus bawa barang yang banyak.

Dan pastinya, kecanggihan dan usungan fitur-fitur SUV masa kini pun gak kalah dengan mobil-mobil berjenis lain.

 

Lakukan general checkup pada mobil sebelum berangkat

Paling umum sih, minimal kalian cek kondisi oli mobil, kalu perlu diganti dulu agar mudik lebih tenang.

Periksa juga kondisi kelistrikan mobil, serta kondisi semua ban, baik yang terpasang maupun ban cadanan.

tapi kalau kalian gak mau ribet, bawa aja ke bengkel resmi, biasanya disana udah ada paket standar pengecekan pra mudik.

 

Manfaatkan fitur di mobil

Fitur-fitur pada mobil-mobil zaman now sangat berguna selama diperjalanan, apalagi namanya mudik, biasanya perjalanan jauh dan bisa terjadi banyak kemungkinan kondisi.

Nah, sistem hiburan di dalam kabin jadi salah satu yang penting untuk menunjang kenyamanan selama di perjalanan.

Bagaimama head unitnya? Bisa melakukan apa aja dengan sistem infotainment di dalam mobil?

Kemudian, sistem keselamatan seperti rem ABS dan EBD serta airbags, harusny si udah jadi kewajiban.

Kalian juga bahkan bisa memanfaatkan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang sekarang mulai ada di mobil-mobil kekinian.

Ini penting, karena hampir sebagian besar rute adalah jalan tol yang biasanya dipacu dalam kecepatan tinggi. Tekanan angin gak pas aja, bisa berpotensi bahaya.

Charger smartphone juga penting keberadaannya di dalam mobil, sampai seberapa banyak tempat-temat penyimpanan barang yang disediakan di dalam mobil.

 

Packing barang bawaan

Keliatannya sepele ya soal packing ini, apalagi tau mau bawa mobil sendiri. Tapi demi kenyamanan selama perjalanan, baiknya kalian memperhatikan gimana packing yang benar dan efektif.

Pertama dan paling utama, gak usah semua barang dibawa. Ingat kita mau mudik bukan mau pindahan rumah.

Jadi bawa barang yang dianggap diperlukan baik selama diperjalanan dan di kampung halaman.

Setelah menyeleksi apa aja yang perlu dibawa, maka pisahkan jadi dua kategori: Barang untuk diperjalanan dan barang untuk di tempat tujuan.

Kenapa? Supaya kalian bisa menata tumpukan barang di bagasi mobil dengan efektif.

Jadi caranya, tempatkan barang yang paling berat dan barang yang akan digunakan di tempat tujuan di posisi paling bawah.

Barulah diatasnya, letakkan barang yang akan digunakan sepanjang perjalanan. Cara ini agar kalau kalian butuh sesuatu di tengah jalan, gak harus bongkar ulang bagasi mobil.

kemudian, peletakan barang sebisa mungkin gak samai menutupi jendela belakang, demi alasan keamanan saat mengemudi. Karena pak supir perlu melihat ke belakang.

Selain itu, simpan hanya barang-barang kecil seperti botol minum, makanan ringan sampai gadget di kompartemen dan biarkan barang lainnya di bagasi.

Ingat, kalau sampai tas besar kalian ada di lantai kursi baris kedua atau di penumpang depan, itu artinya kalian masih terlalu kebanyakan bawa barang.

Baiknya, diseleksi lagi, demi kenyamanan selama perjalanan—karena kaki kalian juga perlu selonjoran gaes.

 

Koneksi internet

Kita sebagai kaum milenial, kayaknya gak bakal melepaskan diri atau cuek sama yang satu ini; koneksi internet.

Koneksi internet ini akan berguna buat kalian gak cuma buat cek-cek sosmed, juga bisa dipakai untuk mantau berita seputaran mudik dan rute mudik.

Kalian juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi mudik yang biasanya butuh koneksi internet.

Serta, yang paling penting, akses Google Maps selama perjalanan untuk menunjukkan rute terbaik.

Dan pastinya, akses internet juga bisa digunakan untuk sistem hiburan kabin seperti nonton Youtube atau Netflix di head unit, sampai medengar agu via Spotify.

Karenanya, pastikan kalian badingkan beberapa operator aar lebih meyakinkan, mana yang koneksinya paling stabil, paling luas jangkauannya dan tentu aja gak lemot.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

264 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ids Osd 15 January 2020 | 04:55:20

memang sangat ribet tuh bawa mobil sendiri

꧁༒Hunter༒꧂, 25 October 2019 | 06:13:55

memang sangat ribet tuh bawa mobil sendiri

Code ERROR 404 12 October 2019 | 09:58:11

jangan bawa banyak barang ya sip

DimasHardstyle 10 October 2019 | 21:29:08

kalau bisa mudik pribadi jangan di bikin ribet ribet lahh haduhhh

Charlot Katakuri 07 October 2019 | 23:42:46

kalo pake mobil sendiri malah santai

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id