home ×
Digilife

Tips Pilih RAM Sebelum Beli Komputer Windows

10 December 2019 By
Tips Pilih RAM Sebelum Beli Komputer Windows
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Saat hendak membeli komputer desktop (PC) Windows, kamu mungkin bingung dalam menentukan jumlah RAM. Kalau jumlahnya terlalu kecil, kamu khawatiran PC Windows tak dapat menjalankan beberapa perangkat lunak yang mendukung produktivitas kamu. Tapi kalau jumlah RAM terlalu besar, harganya juga lumayan tinggi. Jadi, pilih yang mana?

Jangan bingung. Mengutip ZDNet, berikut panduan pasti untuk menentukan jumlah RAM yang dibutuhkan PC Windows kamu.

RAM 1GB

Ini adalah persyaratan sistem minimum untuk Windows 10 versi 32 bit. Meski berhasil menjalankan sistem Windows 10 pada RAM 1GB, tapi jumlah tersebut tidak merekomendasikannya.

RAM 1GB hanya cukup untuk pengoperasian dasar, seperti browsing web (tapi jangan berharap untuk dapat menjalankan browser dengan puluhan tab terbuka), email, pengolahan kata, dan pengeditan gambar ringan.

Bahkan, melakukan tugas-tugas dasar itu akan terasa melelahkan dengan RAM 1GB.

Baca juga: WhatsApp Punya Fitur Call Waiting

RAM 2GB

Ini adalah persyaratan sistem minimum untuk Windows 10 versi 64 bit. Dengan RAM 2GB, kamu seharusnya bisa melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh komputer, seperti bermain gim, edit gambar dan video, menjalankan Microsoft Office, dan beberapa tab terbuka di browser. Tentu saja kekurangan RAM akan menghambat, tetapi 2GB sudah cukup untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan.

RAM 4GB

Jika kamu menjalankan sistem operasi Windows versi 32 bit, maka kamu hanya dapat mengakses sekitar 3.2GB dengan RAM 4GB. Namun, dengan sistem operasi Windows 64-bit, maka kamu bisa memiliki akses penuh ke seluruh RAM 4GB.

Perbedaan kinerja antara RAM 2GB dan RAM 4GB seperti siang dan malam. Bahkan, pada sistem operasi Windows 32-bit yang membatasi RAM menjadi sekitar 3.2GB, peningkatan kerja sepadan dengan harganya.

Aplikasi tidak hanya berjalan lebih cepat, tetapi pengguna juga dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Misalnya, kamu ingin menjalankan Microsoft Word dan Excel, atau Adobe Photoshop dan Lightroom.

Baca juga: Kejutan Nih, Nokia Bikin Smart TV! Berapa Harganya?

RAM 8GB

Jika kamu membeli PC Windows yang didedikasikan untuk pengeditan dan rendering video atau video HD, atau hanya menginginkan sistem yang cepat, maka RAM 8GB adalah yang perlu kamu pertimbangkan.

Ini adalah jumlah RAM yang direkomendasikan oleh Adobe untuk pengguna yang menjalankan aplikasi Creative Cloud.

Kamu akan memerlukan sistem operasi Windows versi 32 bit untuk menggunakan jumlah RAM ini.

RAM 16GB

Coba jalankan Premiere Pro, Photoshop, dan After Effects secara bersamaan pada sistem dengan RAM 8GB, kamu akan merasakan sedikit gangguan.

Dengan RAM lebih dari 8GB, kamu bisa menggunakan perangkat lunak mesin virtual secara bersamaan, seperti Microsoft Hyper-V atau VMware Workstation.

RAM 16GB+

Sebuah perangkat dengan RAM lebih dari 16GB akan menjadi system yang bisa melakukan apa pun. Ini adalah jenis sistem yang dapat menjalankan beberapa aplikasi berat atau perangkat lunak mesin virtual secara bersamaan.

Ingat, kamu memerlukan sistem operasi Windows versi 32 bit untuk menggunakan RAM 16GB+.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 17 January 2020 | 08:43:56

jujur saya ingin sekali punya komputer atau laptop

pejuang 15 December 2019 | 20:55:03

ini harus kita ketahui siapa tau nanti mau beli komputer

Kurniawan Cahyadi 12 December 2019 | 07:51:30

utk ram 8gbd artikel utk menggunakan ram tersebut kita memerlukan sistem 32bit ..bgmna jika 64bit ?apakah salah jika menginstall sistem 64bit ?kebetulan saya memakai 64bit ..dan apa pengaruhnya karena selama ini saya belum ada mengalami kendala ..jika memang harus memakai sistem 32bit yg mungkin menurut anda lebih baik maka saya akan coba menginstall sistem 32bit

viola 11 December 2019 | 03:47:21

terima kasih telah memberikan tipsnya ya

Satria Kelana 10 December 2019 | 09:48:45

jujur saja saya belum pernah beli laptop dan berita ini akan jadi rujukan saya dalam membeli komputer kedepannya amin

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article