icon-category Auto

Tips Rawat Mobil Usai Diajak Mudik

  • 11 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Bersyukurlah bagi kita yang pulang mudik bisa tiba dengan selamat di rumah, setelah melakukan perjalanan panjang dengan penuh drama mulai dari bermacet-macet ria hingga tidak dapat tempat untuk beristirahat karena banyak rest area dibatasi pengunjungnya.

    Bagi kamu yang mudik membawa mobil sendiri, sebaiknya cek kondisi mobil karena sudah kerja keras saat menyambangi kampung halaman dan kembali lagi ke rumah.   

    Ada beberapa bagian dari mobil kamu harus mendapat perhatian, seperti yang kami ambil dari berbagai sumber: 

    1. Filter Bahan Bakar

    Filter bahan bakar pada mobil penting untuk diperiksa karena mungkin mobil kamu terpaksa memakai bensin oktan rendah dan ini tidak direkomendasikan oleh pabrik.

    Cek juga filter bahan bakar dan jika sudah tidak layak wajib diganti agar ruang bakar terhindar dari kotoran.

    BACA JUGA: Hyundai Ioniq 5 Rp800 Juta Aja Laku 1.700 Unit, Gimana Kalau Lebih Murah?

    2. Perhatikan Oli

    Oli ibarat darah yang terdapat pada manusia. Oli berperan sebagai pelumas agar mesin minim gesekan dan berguna untuk meredam suhu panas. 

    Mobil yang dipakai untuk perjalanan jauh, apalagi ditambah kemacetan hingga berjam-jam membuat volume dan kekentalan oli berkurang akibat suhu panas.

    Cek juga apakah oli mengalami kebocoran atau rembes.

    3. Rem

    Selama perjalanan jauh, fitur rem sangat penting dalam menunjang keselamatan. Rem juga bekerja keras dalam memperlambat atau menghentikan laju mobil kamu yang dibebani banyak orang dan barang-barang.

    Kamu bisa ganti kampas rem jika sudah melewati batas maksimal dan perhatikan juga minyak rem apakah sesuai takaran yang direkomendasi pabrik.

    4. Filter AC

    Bersihkan juga filter AC karena komponen ini berfungsi menyaring udara yang keluar melalui lubang AC sehingga udara kabin tetap bersih dan sehat saat dihirup oleh kita.

    Biasanya, filter AC diganti setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali. Namun, setelah melakukan perjalanan jauh dan mobil diajak kerja keras, tidak ada salahnya filter AC jadi bagian yang harus diperhatikan.

    BACA JUGA: Beli Wuling Cortez Turbo, Buat yang Sayang Keluarga Aja

    5. Kaki-kaki

    Kondisi jalan di Indonesia tidak semuanya bagus sehingga mobil yang dipakai mudik tentunya ada juga yang harus bekerja keras melewati jalanan jelek atau tiba-tiba terkena jebakan lubang di tengah aspal yang mulus.

    Tentunya, kaki-kaki mobil kamu selama diajak mudik benar-benar menopang beban sangat berat. Cek bagian permukaan ban apakah sudah mengalami aus atau belum. Cek juga bagian peredam dan lower-arm.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini