Gadget

Tips Selamatkan Ponsel yang Kena Air Banjir

  • 25 February 2020
  • Bagikan :

    (Ilustrasi. Foto: Julian Chokkattu/Digital Trend)

    Uzone.id -- Banjir dan genangan air yang melanda beberapa wilayah di Jabotabek pada Selasa pagi ini (25/2) cukup mengganggu produktivitas sehari-hari. Jangan sampai kondisi ponsel pintar yang biasa digunakan untuk berkomunikasi ikut-ikutan rusak.

    Air banjir yang sampai masuk ke dalam rumah bisa saja turut bikin gadget seperti ponsel pintar kita basah. Kondisi terburuknya ponsel bisa ikut tenggelam atau terendam dan kebetulan ponsel kita belum mendukung fungsi water resistant.

    Jika ponsel pintar sudah basah terkena air banjir, sebisa mungkin langsung diselamatkan. Jangan dulu panik, karena ada beberapa langkah dari beberapa sumber yang sekiranya bisa dilakukan agar ponsel pintar kita tidak langsung rusak.

    1. Jauhkan dari air

    Ini tentu langkah utama yang secara refleks langsung dilakukan. Setelah diamankan, jangan lupa langsung jauhkan sebisa mungkin agar tidak tercemplung lagi.

    Baca juga: Tips Hemat Baterai Ponsel Saat Banjir Melanda

    2. Matikan ponsel

    Langsung matikan ponsel untuk menghindari short circuiting. Minimal dengan mematikan power ponsel, pengguna bisa menyelamatkan komponen-komponen di dalamnya dari kemungkinan kerusakan.

    3. Lepaskan case

    Ini juga langkah yang umum dilakukan jika kebetulan ponsel pengguna sedang memakai case. Dalam kondisi basah, sudah seharusnya case dilepaskan dari ponsel agar mengurangi tingkat basah dan lembab.

    4. Lepaskan SIM card, MicroSD

    Setelah mematikan daya ponsel, pengguna disarankan melepaskan SIM card dari port ponsel untuk memastikan kondisi kartu tidak ikut basah. Hal yang sama juga diterapkan pada MicroSD agar bisa memastikan slotnya tetap kering. 

    Baca juga: BTS Kena Imbas Banjir, 4 Operator Pastikan Sinyal Tetap Stabil

    5. Keringkan ponsel

    Secara lembut pengguna bisa menggunakan handuk untuk mengeringkan bodi dan permukaan ponsel. Disarankan jangan menggunakan pengering rambut (hairdryer) atau alat lain yang menghantarkan panas, karena bisa meningkatkan suhu dan merusak ponsel.

    Bisa juga memanfaatkan beras. Caranya, masukkan ponsel dan komponennya ke dalam kantong dan letakkan di dalam wadah berisi beras. Cara ini dikenal bisa menyerap cairan.

    Setelah melakukan semuanya, langkah terakhir adalah mengecek ponsel. Semoga bisa tetap bekerja normal kembali.