icon-category Auto

Tips Solo Touring Pakai Motor Supaya Lebih Aman

  • 20 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Bagi pecinta touring, perjalanan jauh yang dilakukan seorang diri tentunya tak menghambat mereka. Oleh karenanya untuk memastikan keamanan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan motor seorang diri alias solo touring.

Main Dealer Yamaha di Sumatera Selatan dan Bengkulu PT Thamrin Brothers pun memberikan sejumlah tips bagi yang ingin melakukan solo touring.

1. Jaga kondisi fisik pengendara agar tetap prima

Sebagai bagian dari persiapan touring jarak jauh, pengendara memerlukan kondisi fisik yang prima dengan tidur cukup sebelum berkendara. Lalu saat di perjalanan, istirahat setiap 2 jam sebelum melakukan perjalanan kembali.

2. Jaga kondisi motor dalam keadaan prima

Lakukan pemeriksaan kondisi motor dengan melakukan pengecekan oli, kelistrikan, lampu dan ban.

3. Pakai riding gear yang lengkap

Gunakan riding gear yang lengkap meliputi helm, jaket, sarung tangan, sepatu. Hindari menggunakan celana pendek dan sendal.

4. Bawa surat-surat berkendara

Bawa surat-surat berkendara yang penting seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku untuk mendukung kenyamanan pengendara dalam perjalanan. Juga bawa uang secukupnya untuk kebutuhan perjalanan touring.

5. Kenali rute perjalanan

Pengendara harus memahami rute dan kondisi perjalanan sehingga mendukung perjalanan lancar sekaligus menjaga keselamatan berkendara. Carilah informasi mengenai rute dari teman atau media. Hindari rute yang tidak aman misalnya sepi atau berkendara di malam hari yang berpotensi tidak aman buat pengendara.

6. Waktu perjalanan

Disarankan memilih waktu memulai perjalanan di pagi hari karena kondisi badan masih segar dan bugar, kondisi jalan belum ramai. Hindari berkendara di malam hari karena tidak aman buat pengendara misalnya kondisi badan sudah letih dan ngantuk, rentan tidak awas terhadap kondisi jalan yang kurang bagus.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini