icon-category Auto

Tips Supaya Mobil Gak jadi Sarang Tikus Selama PSBB

  • 16 May 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Mobil yang kelamaan parkir di garasi perlu perlakuan khusus, karena selain ancman kerusakan secara teknikal, mobil yang nganggur juga sering dijadikan sarang 'mewah' para tikus.

    Karenanya, sejak pemberlakuan PSBB banyak pemilik mobil yang mengeluh kalau mobilnya jadi sarang tikus. Selain menjijikan, tikus yang bersarang di mobil bisa sangat merusak!

    "Jadi selama akses ke parkiran rumah kita mudah, sangat berpotensi mobil jadi sasaran tikus," buka Head of After Sales & CS Operation Group Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto.

    Baca juga: Oli Mesin Basi Kalau MObil Kelamaan Nganggur di Garasi?

    Tikus bisa menjangkau beberapa area yang hangat di mobil, seperti kolong mobil hingga ruang mesin. Mereka biasanya akan membangun sarang di lokasi-lokasi tersebut.

    "Selain tempat yang hangat, sisa makanan juga bisa menjadi daya tarik bagi tikus. Karena indra penciuman tikus ini cukup tajam. Jadi meski sisa makanan atau minuman itu terletak di dalam kabin, itu tetap bisa mendatangkan tikus," lanjut Budi.

    Karena gak ada sisa makanan organik disekitaran ruang mobil, maka tikus pun bakal memakan perkabelan. Kabel seolah jadi makanan favorit para tikus tersebut, yang bisa menyebabkan konsleting.

    Tikus yang bersarang di mobil bisa menimbulkan kerugian, karena mereka biasanya akan menggigiti kabel yang terletak di ruang mesin. Contohnya seperti kabel lampu, kabel sensor, kabel pengapian mesin, hingga kabel komponen kelistrikan.

    Nah, untuk mencegah supaya mobil tidak menjadi sarang tikus, Budi menyarankan supaya mobil dibersihkan secara menyeluruh sebelum disimpan lama.

    "Pencegahannya cukup mudah, yang penting mobil dicuci bersih sebelum diparkir lama. Dan bisa diberi juga anti tikus atau anti rat spray di ruang mesin dan di kolong mobil. Interior mobil juga perlu dibersihkan total, bahkan kalau perlu diberi kapur barus di beberapa titik. Tikus tidak suka dengan bau kapur barus," tutup Budi.

    VIDEO Bocoran 7 Mobil Baru Siap Meluncur Pasca Pandemi di Indonesia

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini