Lifestyle

Tips-Tips Sederhana untuk Mencari Tempat Pinjaman Uang yang Aman

  • 05 August 2018
  • Bagikan :

    Saat Anda menggunakan internet untuk mencari informasi, seringkali tampak penawaran jasa pinjaman dana dengan lama pencairan dana yang singkat dan bunga rendah.  Namun, jangan mudah terpesona akan penawaran dan iklan yang bermunculan.  Sebab, bisa jadi itu merupakan tindak kriminal yang bisa menyalah gunakan uang Anda. Lalu bagaimana jika Anda membutuhkan pinjaman dana namun ragu untuk mengajukan karena takut akan tindak penipuan? Website produk pinjaman uang terbaik Cermati.com meracik tips-tips sederhana ini untuk mencari tempat pinjaman uang yang aman untuk Anda.

    Cari Tahu Kredibilitas Penyedia Pinjaman

    Tips pertama untuk mendapatkan pinjaman uang yang aman adalah dengan mencari tahu kredibilitas penyedia pinjaman.  Misalnya bila Anda ingin melakukan pengajuan KTA online, Penting untuk diingat, bahwa sebagai calon nasabah kita tidak boleh tergiur dengan janji dan penawaran yang ditawarkan oleh jasa penyedia pinjaman. Walaupun dalam kondisi terdesak, Anda perlu mencari tahu agar tidak tertipu. Jangan pernah melakukan pengajuan pinjaman uang tanpa  mengetahui latar belakang dan kredibilitas dari penyedia kredit

    Sebab, walaupun nominal uang yang akan Anda pinjam dalam jumlah sangat besar dan pihak penyedia pinjaman menyanggupi dapat memberikan pinjaman uang dengan cepat, tapi tidak menutup kemungkinan jika penyedia pinjaman bisa menyalah gunakan perjanjian dan melakukannya secara tidak professional atau keluar dari sistem yang seharusnya.  Pihak penyedia pinjaman mempunyai banyak trik yang bisa saja menyeret Anda ke dalam hutang yang lebih rumit karena bunga yang dikenakan sangat besar atau bisa juga karena hal yang merugikan lainnya.  Jika sudah sampai tahap itu, Anda akan berurusan dengan rentenir yang nantinya semakin sulit untuk menyelesaikan perjanjian. Sebagai referensi, Anda bisa mengecek kredibilitas bank atau lembaga pinjaman melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tidak terjebak nantinya.

    Perhatikan Jangka Waktu Kredit

    Saat Anda akan mengajukan pinjaman, lihat juga masa pembayaran pinjaman yang tersedia.  Banyak jasa penyedia pinjaman yang menyediakan pinjaman dengan berbagai rentan waktu pelunasan.  Terkadang banyak orang yang berpikir bahwa apabila masa pembayaran hutang yang lama akan semakin meringankan bagi debitur. Ini merupakan pemikiran yang benar karena semakin lama waktu pembayaran hutang maka akan semakin ringan pula nilai angsurannya. Tapi jangan salah, hal ini juga berpengaruh pada nilai bunga yang harus Anda bayarkan. Semakin lama waktu pinjaman uang, maka bunga yang dikenakan kepada peminjam juga makin besar.

    Perhatikan Keresmian Lembaganya

    Sebelum memilih lembaga peminjaman dana, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apakah lembaga peminjaman tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK adalah badan negara yang mengatur sistem pengaturan dan pengawasan terhadap lembaga keuangan. Untuk itu, sebuah lembaga pinjaman yang terpercaya tentu saja harus sudah secara resmi terdaftar sebagai jasa penyedia pinjaman di OJK. 

    Pelajari Mekanisme Pinjaman Dana

    Salah satu tips untuk mencari tahu apakah lembaga pinjaman itu aman atau tidak, Anda harus memahami juga prosedur pinjamannya. Biasanya hal pertama yang ada pada sistem pinjaman adalah mengisi formulir pinjaman, pada tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data diri dan persyaratan lainnya.  Proses selanjutnya Anda akan diarahkan pada bagian tahap survei dan penjelasan mengenai bunga dan mekanisme pembayaran cicilan. Anda perlu benar-benar memahami dengan detail bagian ini agar kedepannya Anda tidak menghadapi kesulitan saat mencicil pinjaman.

    Tanyakan Detail dan Tanyakan Penjelasan Lengkap

    Sebelum meminjam uang, pastikan Anda menanyakan detail persyaratan pinjaman serta penjelasan lengkap mengenai sistem pinjaman yang akan diambil.  Sebuah perjanjian pastinya mempunyai dokumen yang berisi tentang peraturan yang sering kali peraturan tersebut akan sulit dipahami oleh orang awam.  Hal ini juga ada pada dokumen kredit karena pada dokumen kredit ini juga memiliki pasal dan poin yang panjang dengan bahasa hukum yang rumit dan tidak dipahami oleh semua orang.

    Akan tetapi sebagai calon peminjam hal ini harus tetap diteliti, karena hal itu akan berpengaruh terhadap masa depan finansial Anda.  Karena sering kali orang menjadi merasa dirugikan karena sebuah perjanjian padahal sebelum menandatangani perjanjian calon nasabah tidak membaca peraturan dan sistem pinjaman dengan benar.

    Hindari Peminjaman Hutang yang Bertumpuk

    Tidak jarang ada kasus dimana seseorang mengajukan peminjaman uang yang dialokasikan untuk membayar utang lainnya yang masih belum dilunasi.  Jika Anda mempunyai hutang yang belum selesai, jangan sesekali Anda menutupi hutang tersebut dengan meminjam uang atau menambah kredit.  Hal ini bukan menjadi solusi yang akan memperbaiki kondisi keuangan Anda, sebaliknya itu akan membuat kondisi keuangan.

    Jadi, sebaiknya ketika Anda akan membuat perjanjian kredit, lihatlah dahulu pendapatan perbulan Anda. Jangan sampai suatu saat Anda mengajukan pinjaman dana lalu kemudian Anda tidak bisa membayar hutang karena anggaran dana Anda sudah dialokasikan untuk pengeluaran lainnya.

    Demikian artikel mengenai tips-tips untuk mendapatkan pinjaman dana yang terpercaya, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memilih lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman, agar tidak salah pilih.

     

     

    Tags : Pinjaman uang 
    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);