home ×
Auto

TNI Bikin Ban Tanpa Udara dan Kebal Peluru

20 July 2020 By
TNI Bikin Ban Tanpa Udara dan Kebal Peluru
Share
Share
Share

Uzone.id - Setelah beberapa waktu lalu Pindad menghadirkan kendaraan taktis (Rantis) yang jantan banget itu, sekarang giliran ban yang punya teknologi tanpa udara dan kebal peluru!

Buat kendaraan taktis, apalagi kalau lagi perang, fungsi ban sangat penting bagi kendaraan yang digunakan untuk menunjang mobilitas pasukan.

Salutnya, TNI AD ternyata sudah mengembangkan teknologi ban tanpa udara dan bahkan kebal peluru. Berdasarkan video yang diunggah Puspen TNI terlihat beberapa kelebihan dari ban tanpa udara ini.

BACA JUGA: Rilis Tahun Ini, Kembaran Daihatsu Gran Max Punya Fitur Canggih

Sejauh ini, kendaraan tempur dan taktis TNI AD masih mengandalkan ban konvensional, kalaupun sedikit canggih, baru sebatas Run Flat Tyre, alias ban bisa tetap digunakan meski sudah bocor dan kempis.

Ban canggih TNI ini meamng secara visual masih agak aneh dan futuristis, seperti ada rongga-rongga pada dinding bannya. Tapi secara fungsi, layak diacungi jempol.

Rongga-rongga seperti sarang lebah tersebut berfungsi sebagai penyangga sekaligus peredam ban saat harus berputar dan melahap berbagai medan jalan, sehingga gak perlu lagi udara.

Ban ini tidak akan rusak jika ditembak oleh senjata ringan, apalagi kalau cuma melindas atau tertusuk benda-benda tajam.

Macam Kuda Lumping, paku berukuran besar aja bisa dilindas dengan mudah dan barangkali hanya ngebuat geli-geli gimana, gitu.

Ban tanpa udara tersebut berdiameter 80 cm, bagian luar dari karet alami, lalu bagian dalam seperti sarang lebah dari bahan plyurethane.

Ban ini sudah dikembangkan Politeknik Kodiklatad sejak 2019. Pengujian ban sudah dilakukan pada pikap kabin ganda sambil di area perkotaan di Batu, Jawa Timur selama hampir dua jam dengan kecepatan 40-50 km per jam.

VIDEO Kawasaki Ninja ZX-25R Review, Bukan Buat Kaum Mendang-Mending

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dwi Setiyono 06 August 2020 | 22:55:58

wah keren maju terus bpk TNI AD, selamat berkarya bapak bapak TNI yang aku hormati,

oki puntoro 20 July 2020 | 07:03:28

mantap terus dikembangkan itu yah banya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id