icon-category Digilife

Tokoh Ukraina yang Punya Peran Penting di Teknologi, Ada Pendiri WhatsApp

  • 26 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Rami Al-zayat (Unsplash)

    Uzone.id - Rusia dan Ukraina sedang menjadi perhatian dunia saat ini. Operasi militer yang digencarkan Rusia ke Ukraina membuat suasana antara dua negara ini bergejolak. 

    Tak hanya itu, dunia juga ikut mengecam keputusan yang diambil sang presiden, Vladimir Putin. Bahkan Rusia terancam mendapat berbagai sanksi termasuk pemutusan teknologi dunia oleh beberapa negara besar, seperti Amerika Serikat dan Jepang.

    Ngomong-ngomong soal teknologi, kita pasti sudah familiar sekali dengan WhatsApp, Snapchat dan Paypal. Tahukah kalian bahwa terdapat tangan-tangan handal orang Ukraina yang berperan penting di tiga platform ini?

    Kalau belum, yuk simak beberapa tokoh asal Ukraina yang punya andil besar di bidang teknologi dunia saat ini.

    Jan Koum - Penemu WhatsApp

    Jan Koum merupakan seorang imigran berdarah Ukraina yang pindah ke Amerika Serikat beserta keluarganya pada tahun 1990. Ia merupakan penggagas awal dari WhatsApp bersama dengan teman seperjuangannya Brian Acton.

    Baca juga: Rusia dan Ukraina Perang, Mobil-Mobil Bisa Gak Punya Chip

    Ide awal dari aplikasi ini berawal ketika Koum dan kawannya melihat kumpulan kontak di smartphone iPhone, Koum melihat potensi tersebut dengan menciptakan aplikasi yang bisa menampilkan status pada kontak di iPhone.

    Selanjutnya ia bertemu dengan developer aplikasi iPhone, Igor Solomennikov lalu mereka kemudian mendirikan WhatsApp Inc pada Februari 2009. Namun, pada tahun 2018 lalu, Koum memutuskan untuk mundur dari WhatsApp setelah aplikasi ini dibeli oleh Facebook.

    Ia dan Brian memilih untuk resign setelah memiliki perbedaan visi dengan Zuckerberg dimana mereka merupakan anti-iklan, sementara WhatsApp terancam dimasuki iklan setelah pihak Zuckerberg membelinya.

    Max Levchin - Pendiri PayPal

    Salah satu pendiri dari aplikasi pembayaran online ini adalah Max Levchin yang merupakan imigran asal Ukraina yang pindah ke Amerika Serikat. Ia merupakan seorang software engineer dan juga seorang pebisnis.

    Mengenai aplikasi PayPal, kalian yang sering bertransaksi uang lintas negara pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini. 

    Pembayaran digital tersebut banyak digunakan untuk transaksi secara online ketika melakukan pembelian daring dari berbagai belahan dunia.

    Selain PayPal. Levchin juga mendirikan aplikasi layanan media-sharing Slide dan kini sukses mendirikan perusahaan bernama HVF and Affirm.

    Looksery Team - Snapchat

    Tim yang berasal dari wilayah Odessa, Ukraina ini dipimpin oleh Yuri Monastyrhin dimana mereka menyumbang teknologi masking untuk aplikasi snapchat. Sebelumnya, Looksery sendiri merupakan sebuah aplikasi iOS dan Android yang  kemudian diakuisisi oleh Snapchat.

    Perusahaan pemilik Snapchat, Snap memiliki kantor besar yang berbasis di Kyiv dan Zaporizha, Ukraina.

    Grammarly

    Aplikasi pengecek tulisan dan plagiarisme ini merupakan salah satu perusahaan teknologi Ukraina yang paling terkenal. Bahkan saat ini, Grammarly memiliki nilai ekonomi USD13 miliar.

    Grammarly didirikan oleh 3 orang asli Ukraina dan memiliki kantor pengembang terbesar di Kyiv, Ukraina. Aplikasi ini dirilis oleh Alex Shevchenko dan Max Lytvyn pada tahun 2009.

    Grammarly kini semakin besar dan diunduh sebagai ekstensi dan juga aplikasi di Chrome, Safari, Firefox, Android dan juga iOS. Aplikasi ini juga masuk dalam daftar ke-6 perusahaan Ukraina yang inovatif.

    MacPaw - Clean My Mac

    Aplikasi yang sangat membantu bagi pengguna Mac ini didirikan oleh perusahaan bernama MacPaw yang berbasis di wilayah Kyiv. Aplikasi ini berguna untuk membersihkan data-data lama di Mac dan mempercepat proses kerja di perangkat Mac.

    Jooble

    Situs web yang sangat berguna bagi jobseeker ini merupakan aplikasi yang didirikan di Kyiv, Ukraina oleh Roman Prokofyev dan Ievgen Sobakarov pada 2007 lalu. Situs web ini beroperasi di lebih dari 60 negara Amerika Utara, Amerika Selatan Asia, Eropa dan Timur Tengah.

    Baca juga: Tentara Rusia Kirim Bom Cinta ke Cewek Ukraina via Tinder

    Perusahaan ini terus berkembang pesat dan menjadi lima besar aggregator pekerjaan dengan pengguna bulanan mencapai lebih dari 50 juta orang.

    SparkMailApp - Readdle

    Spark merupakan aplikasi email yang tersedia untuk produk berbasis iOS, macOS dan Android yang diciptakan oleh perusahaan Readdle. Perusahaan ini memiliki basis di Odessa, Ukraina dan memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti Documents App, Scanner Pro, Calenders 5, dan PDF Expert.

    DepositPhotos 

    Perusahaan stok foto paling terkenal di dunia ini didirikan oleh seorang berdarah Ukraina, Dmitry Sergeev di sebuah kantor di Kyiv. DepositPhotos didirikan pada tahun 2009.

    Kini, DepositPhotos telah berkembang pesat dan memiliki kantor internasional di Florida, Amerika Serikat.

    Situs ini menyediakan lebih dari 60 juta foto dan vektor bebas royalti, diperkirakan pendapatan pertahunnya mencapai USD17 juta.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini