icon-category Startup

Tokopedia Care Yogyakarta Buka Kesempatan Kerja Berbagai Latar Belakang

  • 21 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Tokopedia Care diresmikan di Yogyakarta (Foto: Dok Tokopedia)

    Uzone.id - Badan Pusat Statistik (BPS) di bulan Februari 2020 mencatat jumlah penduduk usia kerja penyandang difabel sebanyak 17,74 juta orang. Namun, yang masuk ke angkatan kerja hanya 7,8 juta orang.

    Banyak hal yang memengaruhi kenapa penyandang difabel ini kurang mendapatkan lapangan kerja, beberapa diantaranya adalah soal diskriminasi serta stigma.

    Tokopedia pun mencoba membuka kesempatan itu, dengan meresmikan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Yogyakarta  dengan membuka dengan membuka kesempatan bagi perempuan dan difabel bekerja di sana.

    “Pemerintah DIY mengapresiasi Tokopedia yang mendirikan Tokopedia Care di Yogyakarta. Semoga pusat layanan pengguna ini dapat terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat,” ujar Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

    “Hadirnya Tokopedia Care Yogyakarta juga bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk talenta terbaik di DIY, termasuk perempuan dan difabel,” tambahnya.

    Kehadiran Tokopedia Care di Yogyakarta bukan tanpa alasan, selama kuartal I 2022, jumlah pembeli di Tokopedia khusus di Yogyakarta meningkat hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun 2021.

    Tokopedia Care Yogyakarta membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi para talenta digital terbaik DIY, termasuk perempuan dan difabel.

    “Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, talenta adalah aset terbesar perusahaan dan Tokopedia percaya, siapa pun dapat berperan dalam upaya mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital,” jelas Vice-Chairman and Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison.

    Bekerja sama dengan PT IGT Solutions, Tokopedia Care Yogyakarta kini berhasil memberdayakan lebih dari 900 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia, red) yang sebagian besar merupakan talenta lokal setempat.

    Secara keseluruhan, Tokopedia - yang adalah bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial - saat ini terdiri dari lebih dari 6.000 Nakama.

    Berbasis Digital dan Mengedepankan AI

    Tokopedia mengedepankan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di setiap inisiatif, termasuk Tokopedia Care.

    “Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital,” tukas Senior Vice President of Sales Operation and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe.

    Artinya, pengguna Tokopedia dapat mengakses dan menyelesaikan segala kendala secara cepat, tepat dan transparan melalui layanan 24/7 Tokopedia Care yang tersedia lewat berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, email hingga Pusat Resolusi.

    Layanan Tokopedia Care merupakan salah satu wujud strategi bisnis Grup GoTo untuk meningkatkan kesetiaan konsumen dalam bertransaksi di ekosistem GoTo.

    Berkat berbagai upaya terbaik yang diberikan kepada pengguna, Tokopedia meraih beberapa penghargaan sepanjang 2021.

    Beberapa di antaranya, ajang Indonesia Customer Service Quality (ICSQ) Award 2021, Contact Center World 2021 (Asia Pacific Level), Contact Center World 2021 (Global Level) dan CX Excellence Asia Award 2021 di berbagai kategori.

    Fasilitas Lengkap dan Inklusif

    Tokopedia Care Yogyakarta dilengkapi dengan sederet fasilitas yang mendukung produktivitas Nakama dari berbagai latar belakang.

    “Gedung Tokopedia Care memiliki infrastruktur yang ramah difabel. Mulai dari meja khusus pengguna kursi roda, jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal hingga musala dan kamar kecil yang dirancang khusus untuk difabel,” jelas Rudy.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini