Digilife

Toxic buat Remaja, Instagram Bikin Fitur Khusus Orang Tua

  • 08 December 2021
  • Bagikan :
    <i>Toxic</i> buat Remaja, Instagram Bikin Fitur Khusus Orang Tua Ilustrasi foto: Erik Lucatero/Unsplash

    Uzone.id – Sebagai platform media sosial populer di dunia, Instagram tak melulu dinilai positif. Media sosial yang dinaungi Meta Facebook ini belakangan sedang dipandang toxic, atau beracun bagi pengguna remaja.

    Rasanya sudah ‘lagu lama’ jika membahas dampak negatif dari Instagram, khususnya para kaum remaja. Instagram sering dianggap sebagai tempat berbahaya bagi kesehatan mental remaja karena dapat mendorong mereka untuk membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain, bahkan figur publik.

    Isu kesehatan mental remaja ini juga menyeret Head of Instagram, Ada Mosseri harus bersaksi di depan para Senator Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Tak lama setelah diterpa masalah ini, Instagram pun mengumumkan fitur keamanan baru sebagai jawaban atas anggapan toxic ini.

    Baca juga: Insiden 'Add Yours' Instagram dan Bahaya Social Engineering

    Fitur keamanan anyar ini sudah termasuk rangkaian kendali orang tua. Dengan kata lain, fitur ini ditujukan kepada orang tua agar dapat memegang kendali lebih terhadap penggunaan Instagram anak remaja mereka.

    Singkatnya, fitur ini akan memungkinkan para orang tua dan wali melihat seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak remaja mereka di Instagram, serta kendali penuh jika mereka ingin mengatur batasan waktu pemakaian aplikasi.

    Sedangkan dari sisi pengguna remaja, mereka juga akan diberikan pilihan untuk memberikan notifikasi atau peringatan kepada orang tua ketika mereka melaporkan seseorang. Namun perlu diingat, Instagram menghadirkan fitur Parental Controls ini sifatnya bukan wajib, melainkan memang pilihan semata.

    Baca juga: Begini Cara Pasang Pengingat di Instagram

    Lebih lanjut, fitur kendali orang tua ini kabarnya tidak sekuat fitur serupa di TikTok, di mana orang tua bisa mengunci akun anak-anak mereka agar pengalaman mereka di dalam aplikasi menjadi terbatas, memblokir akses pencarian (search), mengendalikan visibilitas akun anak, serta menentukan siapa saja yang bisa melihat konten, memberi komentar, dan mengirim pesan.

    Pembatasan jam pemakaian di aplikasi TikTok sudah ada sejak dulu, sama seperti cara kerja sistem operasi iOS pada perangkat Apple dan Android.

    Dengan kata lain, Instagram tidak melakukan banyak perubahan atau inovasi baru pada fitur kendali orang tua, hanya “menambah opsi” dalam waktu yang akan datang.

    Mengutip TechCrunch, fitur kendali orang tua ini rencananya akan dirilis pada Maret 2022.

    VIDEO: Review Vivo V23e

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini