home ×
Auto

Toyota HiAce Bawa Rombongan Jokowi Nyerah saat Off Road di Ibu Kota Baru

18 December 2019 By
Toyota HiAce Bawa Rombongan Jokowi Nyerah saat Off Road di Ibu Kota Baru
Share
Share
Share
Share

Sejumlah menteri Presiden Joko Widodo terpaksa jalan kaki setelah Toyota HiAce yang ditumpangi terjebak medan berlumpur (Sekretariat Kabinet)

 

Uzone.id - Cuaca memang sulit ditebak. Tapi alangkah baiknya membuat antisipasi agar kegiatan bisa berjalan sesuai rencana.

Contohnya saja ketika Presiden Joko Widodo mengajak para Menteri dan wartawan meninjau langsung calon ibu kota baru di Kabupaten Panajam Paser Utara, Selasa (17/12/2019).

Jalan yang dilalui masih tanah. Saat itu mungkin tidak memperhitungkan jika terjadi hujan jalanan tanah itu akan berubah menjadi medan off road yang sangat menantang.

Baca juga: Toyota Corolla 2020 Raih Bintang 5 Uji Tabrakan di Eropa dan Latin

Terbukti ketika beberapa armada minibus Toyota HiAce yang membawa rombongan menteri dan wartawan harus menyerah karena terjebak setelah jalan menjadi licin karena tercampur air hujan ketika sudah masuk dalam Kawasan Konsesi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT ITCI.

“Saat itu hujan tengah mengguyur jalanan yang dilalui rombongan untuk menuju lokasi. Jalan yang dilalui berliku dan mendaki serta masih berbatu dan dipenuhi tanah merah.

Ketika mobil mini bus yang ditumpangi para menteri tengah mendaki tanjakan yang cukup tajam, tampak mobil tersebut jusru slip dan tidak bisa bergerak maju,” kata Sekretariat Kabinet dalam siaran persnya.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri BUMN Erick Thohir pun terpaksa keluar dari mobil dan berjalan di atas tanah yang sudah menjadi lumpur.

Mobil yang ditumpangi wartawan pun mengalami kendala yang sama dengan mobil para menteri tersebut, tidak bisa menuju lokasi karena mengalami slip.

Akhirnya, wartawan tidak semua ke lokasi, hanya beberapa orang itupun setelah berganti kendaraan dengan mobil dobel gardan. Seperti mobil Land Cruiser yang dikendarai Jokowi bisa dengan mudah melahap medan berlumpur.

Toyota HiAce yang dipakai rombongan Jokowi merupakan generasi kelima yang beredar sejak 2004. Transmisi yang tersedia antara lain manual 5-percepatan dan matik 6-percepatan.

Di sektor mesin pakai 4 silinder DOHC, dengan varian bensin berkode 1TR-FE 2.000 cc atau 2TR-FE 2.700 cc. Sedangkan mesin diesel berkode 2KD-FTV 2.500 cc atau 1KD-FTV 3.000 cc D-4D. 

Toyota HiAce kembali dijual di Indonesia dalam bentuk Completely Built Up (CBU) dari Jepang setelah diluncurkan di International Motor Show (IIMS) 2012.

Tersedia dalam dua varian, yakni High Grade (standar) dan High Grade Commuter (versi lebih mewah), namun sama-sama menggunakan mesin 2KD-FTV 2.5L Turbocharged.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id