icon-category Auto

Toyota Indonesia Bersiap Produksi Kijang Innova Hybrid, Ini Sosoknya?

  • 28 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi Toyota Kijang Innova (TAM)

    Uzone.id - Toyota menjadikan Kijang Innova sebagai mobil pertama bermesin hybrid yang diproduksi lokal di Karawang. 

    Mengingat sejarahnya, sepertinya mobil yang punya slogan ’Tiada Duanya’ ini layak diprioritaskan.

    Informasi ini diungkapkan langsung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam kata sambutan acara ekspor 2 juta unit Toyota dan perdana ke Australia di Karawang, Jawa Barat.

    BACA JUGA: Penjualan Mobil Januari 2022: City RS Hatchback Masih Kalahkan Yaris

    "PT Toyota juga menyampaikan komitmen produksi kendaraan elektrifikasi yang diawali dengan produksi Kijang [Innova] hybrid," kata dia.

    Bikin penasaran lagi, baru-baru ini muncul penampakan sosok mobil Toyota yang diduga keras adalah sebuah Kijang Innova hybrid.

    Ragam spekulasi pun bermunculan, mulai dari platform barunya, dimana kemungkinan besar Kijang Innova akan menggunakan platform yang sama dengan Avanza, yakni TNGA dan otomatis jadi penggerak roda depan.

    Produksi Kijang Innova hybrid bakal dilakukan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, di kawasan Karawang, Jawa Barat. 

    Dengan begitu mobil yang diproduksi Toyota Indonesia akan bertambah satu model selain Innova, Fortuner, Yaris, Vios, dan Veloz.

    Dalam paparannya, Agus belum menjelaskan kapan proses produksi dimulai meski beberapa waktu belakangan informasi telah menyebutkan semua akan dimulai 2022.

    BACA JUGA: Penjualan Mobil Januari 2022: Carry PU Permalukan Avanza dan Veloz

    Sebelumnya, Toyota sudah mengkonfirmasi kalau pabrikan asal Jepang itu akan memproduksi kendaraan HEV (Hybrid Electric Vehicles) secara lokal mulai 2022 untuk pasar domestik dan ekspor. 

    Menariknya lagi, jajaran mobil hybrid Toyota ini juga dipastikan bakal mengambil basis dari model yang sudah eksis sebelumnya.

    Innova Hybrid merupakan salah satu dari 10 kendaraan elektrifikasi yang sudah dijanjikan Toyota diproduksi di Indonesia hingga 2025. 

    Toyota sejak 2019 menyatakan bakal berinvestasi Rp28,3 triliun di Tanah Air untuk elektrifikasi hingga 2025.

    VIDEO Unboxing Honda Vario 160:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini