icon-category Auto

Toyota Prius Generasi Terbaru Diluncurkan, Makin Futuristis!

  • 17 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Toyota Global

    Uzone.id - Pionir mobil hybrid, Toyota Prius, kini sudah punya generasi terbarunya, yang resmi diluncurkan Toyota dan akan mulai dijual akhir tahun 2022 ini.

    Toyota menawarkan dua versi dari Toyota Prius, yakni model Series Parallel Hybrid (HEV) dan model Plug-in Hybrid (PHEV).

    Kalau melihat tampang barunya yang disebut Toyota sebagai siluet monoform, tampilannya lebih futuristis, serba tajam dan mengandalkan desain lampu utama model bumerang yang indah.

    BACA JUGA: Mencoba Toyota bZ4X, Mobil Listrik yang Dipakai di KTT G20

    Bagian atapnya dibalur warna hitam dengan panoramic moonroof senada kaca belakang yang melandai dan lebar sampai ke ujung buntut belakangnya, dengan desain yang mengalir.

    Dikutip Uzone.id dari website Toyota Global, mobil ini sudah menggunakan basis platform Toyota New Generation Architecture (TNGA) generasi kedua.

    Di dalam kabinnya, Toyota Prius tersuguh kokpit mirip pesawat terbang, terutama pada konsep MID dengan layar floating. Secara keseluruhan, tatanan laypout dasbornya masih tergolong atraktif, sederhana namun fungsional.

    Toyota melengkapi Prius terbaru dengan panoramic moonroof yang dapat dibuka penuh.

    Prius terbaru ini menggendong mesin 2.000 cc dengan sistem PHEV. Kombinasi Dynamic Force Engine dan baterai lithium-ion mampu menghasilkan tenaga hingga 223 PS. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 6,7 detik.

    Prius PHEV bisa melaju dengan tenaga listrik murni dengan jarak tempuh 50% lebih jauh daripada model sebelumnya.

    Paket baterai terletak di bawah kursi belakang, bukan di area kargo, sehingga memberikan pusat gravitasi yang lebih rendah dan peningkatan kapasitas kargo.

    Kedua versi Series Parallel Hybrid. Untuk versi HEV ini, Prius menggunakan mesin 2.000 cc dan 1.800 cc.

    Sistem Series Parallel Hybrid pun diperbarui sehingga untuk versi mesin 2.000 cc tenaganya mencapai 193 PS, lebih tinggi dari model sebelumnya. Versi ini hadir dengan sistem penggerak E-Four.

    Di Prius terbaru ini ada Advanced Park dengan fungsi remote. Sistem ini memungkinkan parkir otomatis yang mudah.

    BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

    Bahkan, pemiliknya bisa mengeluarkan mobil dari tempat parkir menggunakan aplikasi smartphone khusus yang bisa dioperasikan dari luar kendaraan.

    Fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) juga sudah menjadi standar dan dilengkapi dengan kamera monokuler di depan, kamera belakang untuk Digital Inner Mirror dan perekam di dalam kendaraan.

    Menariknya, model PHEV dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga surya generasi kedua yang menghasilkan konversi energi matahari menjadi listrik yang lebih efisien.

    Ini menghasilkan tenaga yang setara dengan berkendara hingga 1.250 km per tahun.

    Tenaga listrik yang dihasilkan saat mobil diparkir digunakan untuk mengisi baterai drive, sistemnya tidak hanya memasok listrik untuk berkendara, tetapi juga untuk AC dan fungsi lainnya.

    VIDEO Review Toyota bZ4X:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini