icon-category Auto

Toyota Yaris Facelift Resmi Dijual, Pakai Toyota Safety Sense dan AEB

  • 23 Aug 2020 WIB
  • Bagikan :

    Toyota Yaris facelift (Foto: Toyota)


    Uzone.id - Setelah Toyota Corolla Cross meluncur di Thailand, tak butuh lama mobil model crossover ini dirilis di Indonesia pada 6 Agustus 2020.

    Nah, pasar Thailand juga sudah lebih dulu mendapat Toyota Yaris dan Yaris Ativ (Indonesia dikenal Vios) dengan menggunakan embel-embel facelift.

    Baik Yaris maupun Yaris Ativ menawarkan varian Entry, Sport dan Sport Premium sebagai tipe tertinggi.

    Untuk body kit disematkan pada varian Sport dan Sport Premium, namun tidak terdapat pada Entry.

    BACA JUGA: Penjualan Parah, Harley Davidson Rencana Hengkang dari India

    Melihat styling mobil ini, Toyota membuat ubahan pada bagian gril, lampu reflektor LED yang menggbungkan lampu daytime running light (DRL) berbentuk huruf L menggantikan LED garis.

    Di luar ubahan itu, tidak terlihat ada perubahan dibandingkan versi sebelumnya.

    Unit pencahayaan LED dipasang pada varian Sport dan Sport Premium (juga mendapat lampu kabut LED) dan sudah mendapat fungsi on / off otomatis dan follow-me-home.

    Lampu halogen pada varian Entry tanpa dibekali fitur tadi. Begitu juga untuk varian Entry cuma mendapat pelek baja standar ukuran 15 inci.

    Berbeda dengan Sport dan Sport Premium mendapat pelek baru dengan ukuran sama.

    Di bagian interior, Yaris maupun Yaris Ativ masih mempertahankan tata letak dasbor yang sama dengan versi sebelumnya.

    Namun, ada trim silver metalik baru di bagian tengah. Sedangkan pada varian Entry mendapat trim hitam sebagai gantinya.

    Sport dan Sport Premium mendapat cluster instrumen Optitron, AC otomatis, dan head unit layar sentuh 6,7 inci yang didukung oleh Apple CarPlay.

    Untuk varian Sport Premium malah mendapat layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci enam speaker, keyless entry, engine start, port USB belakang, kaca spion elektrokromik, dan lapisan kulit.

    Untuk Sport memadukan lapisan kulit dan kain, sedangkan Entry cuma mendapat lapisan kain saja.

    Sport Premium juga satu-satunya varian yang mendapat Toyota Safety Sense dengan dua sistem, Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA).

    Selain itu, tipe tertinggi Yaris dan Yaris Ativ juga mendapat sistem pengereman otonom (autonomous emergency braking / AEB).

    Namun, Nissan Almera sebagai rival Yaris Ativ lebih unggul karena mendapat fitur tambahan seperti peringatan lalu lintas di belakang mobil (rear cross traffic alert) dan blind spot monitor.

    Namun, penambahan PCS dan LDA tetap membuat Yaris lebih unggul dari Honda City di Thailand.

    Fitur keselamatan pada Yaris dan Yaris Ativ terdapat tujuh airbag (depan, sampung, tirai dan lutut pengemudi), Vehicle Stability Control (VSC), kontrol traksi, Hill-start Assist Control (HAC), ABS, EBD, brake assist, kamera mundur (tidak terdapat pada Entry), dan sistem peringatan sabuk pengaman untuk semua kursi.

    Di bawah kap mesin, Yaris dan Yaris Ativ mendapat mesin 3NR-FKE 1.2L naturally aspirated (NA) bertenaga 92 PS dan torsi 109 Nm.

    Mesin digabungkan dengan Super CVT-i yang disalurkan ke penggerak roda depan.

    Konsumsi bahan bakar diklaim 23,3 km untuk 1 liternya.

    Melihat situs Toyota Thailand, Yaris Ativ dipasarkan mulai 539.000 baht atau sekitar Rp252.322.111 (kurs Rp468 per 1 baht), sedangkan Yaris hatchback dipasarkan 549.000 baht atau sekitar Rp257.000.000.

    Di Indonesia untuk model hatchback ini dikenal New Yaris atau Yaris Heykers. Kalau saja duo Yaris yang sudah dijual di Thailand itu masuk ke pasar dalam negeri, kemungkinan mendapat mesin 1.5L.

    Selain itu, bisa jadi duo Yaris ini akan dicukur fiturnya demi mendapat harga yang lebih murah. Itu terjadi pada Toyota Corolla Cross yang menghilangkan fitur Toyota Safety Sense ketika masuk ke Indonesia.

    New Yaris yang dipasarkan on the road wilayah Jakarta saat ini untuk tipe E M/T, tipe paling murah, Rp250.950.000, sedangkan Yaris S CVT TRD sebagai tipe tertinggi dipasarkan Rp291.450.000. 

     

    VIDEO Countryman JCW Review, MINI Terkencang dan Termahal

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini