Trafik Indosat Naik 10 Persen Saat Nataru, Paling Banyak Akses WhatsApp
Uzone.id — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat adanya kenaikan trafik internet sebanyak 2 digit selama periode liburan Natal dan Tahun Baru 2025.
Dalam laporan terbaru Indosat, puncak lonjakan signifikan lalu lintas data nasional terjadi pada 1 Januari 2025 dengan kenaikan trafik mencapai 10 persen dibanding hari biasanya.Kenaikan trafik ini terjadi di berbagai kota di Indonesia dimana beberapa wilayah seperti Kota Baturaja, Kota Palembang, Kota Siantar Sidempuan di Sumatera, Kota Sintang, Kota Singkawang, Kota Sampit di Kalimantan, serta Kota Gowa, Kota Palu, Kota Parepare di Sulawesi, selain wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra menjadi wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan trafik tertinggi.
Sepanjang periode liburan dari tanggal 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, Indosat mencatat ada 5 aplikasi yang paling banyak diakses oleh pengguna dan mengalami lonjakan tertinggi. Aplikasi tersebut antara lain WhatsApp, Tiktok, Instagram, Youtube, dan Facebook.
Sementara itu, sepanjang Nataru 2025, Indosat mengerahkan lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia agar jaringan telekomunikasi tetap optimal.
Indosat juga memberikan dukungan seperti pemanfaatan AI serta otomatisasi untuk kelancaran komunikasi pengguna. Tak hanya itu, ada juga pemantauan dan pengelolaan intensif selama 24/7 di Digital Intelligence Operations Center (DIOC) untuk memantau dan menjaga performa jaringan secara real-time.
Kombinasi teknologi AI, Machine Learning dan sistem otomatisasi juga disediakan untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul demi kenyamanan pengguna sehingga berhasil menurunkan tingkat keluhan pelanggan sebesar 36 persen dibandingkan rata-rata hari biasa.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan bahwa ini adalah salah satu dari komitmen mereka dalam memberikan pengalaman yang marvelous.
“Indosat terus berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan, termasuk saat momentum penting seperti pergantian tahun. Dengan berbagai dukungan teknologi dan kesiapan SDM, kami berupaya mewujudkan visi menjadi layanan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id, Senin, (06/01).