home ×
Telco

Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen saat Ramadan dan Idulfitri 2021

16 May 2021 By
Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen saat Ramadan dan Idulfitri 2021
Share
Share
Share
Share

(Foto: Dok. Telkomsel)

Uzone.id - Sama seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H berlangsung di tengah wabah pandemi COVID-19. Selama momen ini, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Kami memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel.”

Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada Lebaran 2021, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual. Ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk tidak mudik guna menekan penyebaran virus COVID-19.

Uuntuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 meningkat sebesar 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

Untuk layanan digital, terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen. Sementara itu, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekitar 68 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Telkomsel Tambah Investasi Rp4,2 Triliun ke Gojek

Secara umum, selama Ramadan dan Idulfitri 1442 H, masyarakat juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Layanan video communication dan video streaming, misalnya, yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen, atau masing-masing tumbuh sekitar 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan media sosial oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekitar 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Selain itu, Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen), dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id