Home
/
Telco

Trafik Naik 24 Persen, Pengguna Indosat Sibuk TikTokan di Tahun Baru

Trafik Naik 24 Persen, Pengguna Indosat Sibuk TikTokan di Tahun Baru
Hani Nur Fajrina03 January 2022
Bagikan :

Uzone.id – Momen tahun baru biasanya identik dengan lonjakan trafik telekomunikasi dari operator seluler, khususnya kenaikan trafik data. Indosat Ooredoo mengatakan ada lonjakan di perayaan tahun baru ini yang kebanyakan dipakai untuk main media sosial.

Indosat mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 24 persen pada tanggal 1 Januari 2022, dimana hingga 98 persen di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

“Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama masa liburan Natal dan Tahun Baru meski ada lonjakan trafik tinggi,” ungkap SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang.

Baca juga: Percuma Pakai iPhone 5G di Indonesia, Ini Sebabnya

Ia melanjutkan, “perluasan jaringan 4G berkualitas video kami, bersama dengan implementasi Command Center yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi, serta kesiapan saluran layanan pelanggan, adalah faktor pendukung lain yang menjamin pelanggan tetap terhubung selama periode liburan ini.”

Secara merinci, Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 14 persen pada 25 Desember 2021 dan naik sebesar 24 persen pada tanggal 1 Januari 2022 dibandingkan dengan trafik hari normal.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi.

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Balikpapan, Manado, dan Samarinda. Sementara itu, Youtube, Facebook, WhatsApp, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.

Baca juga: Fiber Optik di Indonesia Sering Putus Karena Gunung Bawah Laut Meletus

Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik.

Peralatan dan dasbor khusus untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif, telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 62 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik telekomunikasi, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.

populerRelated Article