icon-category Telco

Trafik XL Axiata Naik 11 Persen Selama Pemilu, Tertinggi di Brebes

  • 25 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Selama momentum Pemilu 2024, XL Axiata sukses menjaga performa layanan jaringannya, dan mencatatkan kenaikan trafik pada 14 Februari kemarin.

Trafik layanan data XL Axiata meroket sekitar 11 persen di hari pencoblosan jika dibandingkan hari normal. Dari laporan yang dibagikan XL Axiata, kenaikan trafik layanan data tertinggi selama pemilu kemarin berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sebesar 21 persen.

Kemudian disusul oleh Kabupaten Serang, Banten sekitar 18 persen dan Kabupaten Subang di Jawa Barat sebanyak 17 persen.

Sedangkan berdasarkan provinsi, kenaikan trafik XL Axiata yang paling tinggi terletak di Jawa Tengah di angka 15 persen, disusul Sumatra Utara 13 persen, dan Jawa Barat 11 persen.

“Sepanjang pekan berlangsungnya pemilu kemarin, jaringan XL Axiata tetap terjaga dengan baik, tidak mengalami gangguan sama sekali. Kami telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang mencukupi untuk mengantisipasi lonjakan trafik di moment pemilu tersebut,” ungkap Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Mirza dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

Dari keseluruhan trafik layanan data selama Pemilu 2024, didominasi oleh aktivitas web browsing, disusul streaming, dan pesan instan. Untuk trafik layanan news browsing mengalami peningkatan sebesar 156 persen dibandingkan hari normal.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, kenaikan trafik tertinggi ada pada TikTok sebesar 20 persen, Instagram 16 persen, dan YouTube 9 persen. Sementara itu penggunaan WhatsApp naik 16 persen.

Untuk layanan XL SATU Fiber juga mengalami kenaikan trafik sebesar 8 persen, dari pantauan XL Axiata karena banyak yang ingin memantau hasil pemilu di rumah.

Diketahui, XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu kilometer, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini