Telco

Trafik XL Naik 38 Persen Saat Naru 2021, E-commerce Diburu Pengguna

  • 05 January 2022
  • Bagikan :
    Trafik XL Naik 38 Persen Saat Naru 2021, E-commerce Diburu Pengguna Foto: XL Axiata

    Uzone.id – Liburan Natal dan Tahun Baru biasa menjadi momen antisipasi dari lonjakan trafik operator seluler di Indonesia. XL Axiata mencatat beberapa rincian menarik dari kenaikan trafik layanan data selama momen Naru 2021.

    XL mengatakan bahwa perusahaan mengalami kenaikan trafik data hingga 38 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7 persen dan trafik Tahun Baru 15 persen dibandingkan hari normal.

    Dari kenaikan tersebut, XL menjabarkan beberapa detail menarik sesuai kategori.

    Trafik akses ke layanan belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada, mengalami peningkatan sebesar 62 persen. Sementara layanan e-commerce yang bergerak di sektor travel seperti 95 persen naik mencapai 95 persen.

    Baca juga: Selama Naru 2021, Trafik Mobile Game Telkomsel Meroket 87 Persen

    Ada juga aktivitas web browsing naik sekitar 42 persen, akses media sosial sebesar 29 persen, streaming video sebesar 21 persen, dan game 4 persen. Dari sisi kenaikan trafik, aktifitas games meningkat hingga 183 persen, kemudian akses file sebesar 24 persen, streaming 11 persen, serta web browsing 8 persen.

    Untuk trafik aktivitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27 persen, Telegram 22 persen, serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10 persen. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram melonjak 33 persen, disusul WhatsApp 30 persen, Twitter 19 persen, serta Facebook 18 persen.

    Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Joox Music dan iTunes juga meningkat masing-masing 24 persen dan 11 persen. Untuk game, trafik Mobile Legends meningkat 210 persen, kemudian Roblox 90 persen, serta Hago 11 persen.

    Baca juga: Trafik Naik 24 Persen, Pengguna Indosat Sibuk TikTokan di Tahun Baru

    Di sisi lain, trafik layanan legacy, yakni percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3 persen dibandingkan hari biasa.

    “Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meskipun belum seperti saat sebelum pandemi. Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,” ungkap Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam pernyataan resminya.

    Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

    Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2 persen dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini