icon-category Auto

Transmisi Ford Mustang S650 Bakal Mirip Suzuki Wagon R AGS

  • 07 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Ford)

    Uzone.id - Muscle car Ford Mustang S650 next-gen akan menggunakan transmisi manual tanpa harus pedal kopling.

    Teknologi itu mirip dengan yang dipakai oleh Suzuki WagonR atau Ignis yang menggunakan teknologi Auto Gear Shift (AGS). 

    Ford Motor Company telah mematenkan sistem kopling elektrik tersebut. Pengoperasian kopling akan menjadi kontrol elektronik berdasarkan input sensor ke algoritma, seperti dilansir Uzone.id dari Muscle Cars and Trucks, Senin (7/2/2022).

    BACA JUGA: Ragam Fitur Baru Daihatsu Terios yang Layak Dipertimbangkan

    Tak cuma Ford Mustang S650, Ford Bronco akan mendapat transmisi baru itu nantinya. Paten abstrak yang ditemukan MC&T dalam database USPTO, memperlihatkan sistem tersebut akan menampilkan modul kontrol yang dirancang untuk secara otomatis menggerakkan kopling yang memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi hanya dengan menggerakkan tongkat persneling saja.

    Sistem kerjanya, modul akan mulai melepaskan kopling setelah sensor di kenop shift memberi tahu pengemudi telah memegang tuas dan mulai menggerakkannya melalui penahan, kemudian akan mengaktifkan kembali kopling ketika kendaraan memahami perpindahan telah selesai.

    BACA JUGA: Anthony Ginting Pilih Hyundai Creta yang Anti Maling, Kapok Mobil Dicuri

    Penting untuk dicatat, sistem ini masih akan menggunakan sambungan hidraulik antara silinder master dan silinder pendukung untuk menggerakkan bantalan pelempar keluar secara aksial menuju atau menjauhi pegas diafragma pada pelat penekan.

    Ford mengatakan, sistem jenis ini dapat digunakan dalam transmisi manual longitudinal yang ditemukan pada kendaraan penggerak roda belakang tradisional seperti Ford Mustang S650, atau pengaturan penggerak semua roda seperti Ford Bronco.

    Dengan sistem kopling elektrik ini, Ford ingin menghilangkan beberapa atribut yang bikin ribet terkait berkendara saat menggunakan transmisi manual, mengingat kendaraan transmisi manual semakin turun peminatnya selama 30 tahun terakhir.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini