home ×
Auto

Transmisi Manual Tanpa Kopling? Hyundai Venue Solusinya!

14 July 2020 By
Transmisi Manual Tanpa Kopling? Hyundai Venue Solusinya!
Share
Share
Share

Uzone.id - Mobil manual, meski tergolong ribet dan bisa bikin sebelah kaki pegel, tetap dirindukan, karena memang punya sensasi tersendiri saat disetirin.

Sejumlah pabrikan pun berinovasi untuk melakukan modifikasi agar sebuah transmisi manual itu gak merepotkan saat dioperasikan. Salah satunya, menghilangkan kopling.

Seperti yang dilakukan Hyundai dengan SUV kompak terbarunya, Hyundai Venue. Mobil ini resmi dipasarkan di India, dengan transmisi manual namun tanpa kopling.

Baca juga: Penjualan Honda Melesat Hampir Seratus Persen

Sebenernya ini bukan teknologi baru. Sebelumnya Suzuki Ignis dan Karimun sudah menggunakan ini, namanya transmisi AMT alias Automatic Manual Transmission atau di Indonesia AGS alias Automatic Gear Shift.

Pun begitu Wuling dengan Confero ACT menawarkan transmisi manual namun tanpa pedal. Meski beda dengan Ignis, Confero masih mengandalkan tuas transmisi untuk pindah-pindah gigi, sementara Suzuki, seperti transmisi otomatis (D, N, R).

Hyundai Tawarkan Transmisi Manual Tanpa Kopling, Mirip Wuling Confero?
Hyundai Venue resmi menjalani debutnya di pasar India. Yang menarik, mobil ini ditawarkan dengan transmisi manual, namun tanpa pedal kolping.

Hyundai Venue mengusung teknologi Intelligent Manual Transmission (iMT). Sistem ini terdiri dari tuas persneling dengan intention sensor, hydraulic assistance, dan unit kontrol transmisi atau gearbox control (TCU).

"Intention sensor" merupakan nama dari Hyundai untuk teknologi dengan sistem yang mengaktifkan kopling, tapi perpindahan gigi tetap harus dilakukan pengemudi.

Kemudian mengirimkan sinyal ke TCU untuk memindah gigi, lalu sinyal lain diteruskan dari TCU ke hydraulic assistance.

Kopling kemudian dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris, sehingga kaki pengemudi lebih bebas.

Perpindahan giginya dijamin mulus kata Hyundai, meski tetap harus ada adaptasi. Asiknya lagi, karena pindah-pindah gigi masih pakai tuas transmisi manual, maka bisa lebih responsif, ketimbang AMT ala Ignis, yang pindah giginya otomatis.

MD dan CEO Hyundai Motor India Ltd., SS Kim mengatakan bahwa iMT menyeimbangkan kesenangan berkendara dengan perjalanan yang lebih mudah, lebih nyaman, cocok dalam lingungan lalu lintas India yang padat dan sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Transmisi manual tanpa kopling tersebut bakal meladeni mesin 1.000cc turbo dengan tenaga 120 PS, lumayan banget.

VIDEO Test Drive Suzuki Baleno Facelift

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 14 July 2020 | 09:53:39

maksudnta begimana kaga ngerti dah gue

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id