icon-category News

Trik Berkeliling Dunia dengan Gaji UMR

  • 21 Sep 2016 WIB
  • Bagikan :


    Mungkin Anda pernah melihat beberapa orang di luar sana yang bisa keliling dunia. Kemudian Anda akan membayangkan bahwa pantas saja dia bisa keliling dunia, karena dia banyak uang dan orang kaya. Namun, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa orang yang juga berhasil keliling dunia, hanya dengan modal pas-pasan. Rupanya mereka menggunakan caranya sendiri dengan unik dan kreatif, hingga mereka bisa mewujudkanya.

    Tidak hanya mereka, Anda juga bisa berkeliling dunia, sekalipun jika gaji yang diterima hanya standar UMR. Jangan pernah bahwa gaji standar UMR ini hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. jika Anda memang menganggarkan khusus untuk berkeliling dunia nantinya, tentu saja ini bukan hal yang tidak mungkin. Besar kecilnya gaji yang dimiliki tidak menentukan bisa keliling dunia atau tidak. Semua ini tergantung perencanaan.

    Lalu bagaimana trik untuk merencanakan keliling dunia, walaupun dengan gaji yang standar UMR?

    Tetapkan Target Tujuan
    Sebelum memutuskan untuk berkeliling dunia, sebaiknya tentukan dulu target awal negara yang akan dikunjungi untuk mengawali berkeliling dunia nanti. Setelah itu jangan lupa untuk menentukan waktu yang tepat untuk memulainya.

    Misalnya, Anda memutuskan untuk menjadikan Malaysia sebagai startnya, dengan anggaran yang tidak terlalu tinggi, mungkin 2-3 bulan ke depan, uang anda bisa terkumpul untuk menuju ke sana. Jika tujuanya adalah negara di Eropa, waktu untuk mengumpulkan uang tentu bisa lebih lama lagi.

    Tentukan Anggaranya
    Anggaran yang utama untuk berkeliling dunia, tentunya berupa tiket pesawat, penginapan, transportasi, makan dan kebutuhan lainya. Anda perlu menentukan anggaran untuk itu semua. Anda juga harus sering melakukan browsing, siapa tahu ada tiket murah di musim ini. jangan melakukan perjalanan pada saat harga tiket penerbangan begitu tinggi. Jangan lupa juga, selain anggaran utama, siapkan juga anggaran darurat untuk jaga-jaga selama perjalanan.

    Menabung
    Inilah cara terbaik untuk bisa berkeliling dunia tanpa masalah. Menabung tentunya perlu Anda lakukan jika memiliki rencana untuk berkeliling dunia. Sisihkan setidaknya 10 persen dari gaji UMR Anda, untuk mempersiapkan dana khusus berkeliling dunia. Hiduplah dengan hemat dan jauhi perilaku boros.

    Mencari Mitra
    Jika sudah berkeluarga, mungkin acara berkeliling dunia ini bisa dilakukan bersama pasangan. Akan jauh lebih seru jika ada seseorang yang menemani kita untuk berpergian jauh. Namun, sebaliknya jika masih lajang, carilah teman untuk berpergian ke berbagai negara nanti. Pergi bersama teman, tentunya bisa lebih mengasyikan, selain itu anggaran awal bisa lebih ringan karena berbagi dengan teman.

    Membaca Literatur Tentang Berkeliling Dunia
    Yang terpenting dalam hal ini adalah Anda perlu menabung dengan maksimal dan juga menyiapkan dana darurat untuk perjalanan berkeliling dunia. Selain itu, anda juga bisa membaca beberapa literatur mengenai berkeliling dunia dengan dana terbatas yang sudah pernah dilakukan oleh orang tertentu, dan berhasil dituangkan dalam sebuah buku. Ikuti apa saja hal yang dilakukan orang tersebut agar dapat berkeliling dunia dengan anggaran yang sesuai.

    Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini