home ×
Gadget

Trio Samsung Galaxy S21 5G, yang Hilang Dikit Gantinya Banyak

19 January 2021 By
Trio Samsung Galaxy S21 5G, yang Hilang Dikit Gantinya Banyak
Share
Share
Share
Share

 

 

Uzone.id - Tak afdol rasanya kalau smartphone baru tak dibekali dengan hal-hal yang baru. Seperti flagship Samsung Galaxy S21 Series yang memiliki banyak kejutan. Memang banyak yang dihilangkan, namun gantinya pun lebih banyak yang baru. Jadi sesuatu yang hilang itu mendapatkan ganti yang cukup worthed.

Dalam kemasan sudah terlihat hal-hal baru yang disematkan di dalam Galaxy S21 series, yakni embel-embel 5G. Ya, semua smartphone seri Galaxy S21 akan dibekali dengan 5G. Memang jaringan itu belum diimplementasikan di Indonesia, namun dalam waktu dekat. 

Uji coba 5G sudah sering dilakukan oleh para operator, frekuensi 2,3 GHz pun sudah dibagikan. Tinggal nunggu waktu saja. Saat sudah diimplementasi, kita sudah siap mengakses jaringan 5G dengan Samsung terbaru ini.

Baca juga: Fix! Semua Ponsel Samsung Dijual Tanpa Kepala Charger

Selain 5G, yang terbaru adalah warna. Flagship Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G ini punya varian warna yang lembut. Selain hitam dan abu-abu, ada keluarga baru, yakni violet. Dengan dipadukan rumah kamera berwarna kuning keemasan, tampilan bodi belakang Samsung Galaxy S21+ 5G ini semakin elegan dan terlihat lebih mewah di tangan. 

Anak-anak muda yang memakainya bisa masuk golongan kreatif kelas atas. Walaupun seri Galaxy S21 Ultra 5G hanya ada 2 warna, hitam dan silver, namun itu tak mengurangi kemewahannya. Sedangkan Galaxy S21 5G memiliki varian warna yang lebih banyak dengan tambahan warna pink.

03_galaxys21_violet_pink_gray_white_1_201230030423

Yang Hilang di Samsung Galaxy S21 Series

Perubahan lain juga terjadi ukuran kemasan. Bentuknya lebih tipis. Mungkin karena di dalamnya ternyata banyak hal yang tidak disertakan. Saat kemasan dibuka, akan langsung terlihat unit smartphone-nya. 

Di bagian bawahnya ada kotak dengan dua ruangan terpisah. Satu celah berisi panduan dua bahasa, satu berbahasa Inggris dan lainnya berbahasa Indonesia. Kartu Garansi menyatu dengan kertas panduan berbahasa Indonesia. Celah lainnya ditempati oleh kabel USB charger. Sudah, tak ada apa-apa lagi.

Nah, dari situ ketahuan kan apa aja yang tidak ada? Yep, kepala charger, earphone dan cover tambahannya, serta casing silikon transparan. Tapi jangan kecewa dulu. Kalau dilihat, sebagai gantinya, ada banyak hal yang bisa bikin rasa kecewa.

Kepala charger memang bukan hal yang terlalu krusial karena tren 2021 memang semua smartphone tidak akan memberikan kepala charger. Selain untuk mengurangi sampah elektronik yang berdampak buruk pada lingkungan, kepala charger hampir semua sama dan bisa digunakan bareng-bareng. Apalagi, banyak orang yang tak mau repot dan memilih mencolokkan kabel charger langsung ke laptop/PC. Jadi ga usah marah-marah dulu ya.

Terus earphone, kok ga ada? Lubang buat earphone-nya juga engga ada. Nah, sekarang semua sudah wireless, terus kenapa kita masih mempertahankan kabel yang trennya sudah usang? Apalagi sekarang sudah banyak earphone berbasis bluetooth. 

Koneksikan ke bluetooth smartphone, lalu tinggal sematkan ke kuping. Ga perlu lagi colok sana-sini. Smartphone bisa ditinggal, tapi earbuds tetap nempel di kuping. Nah, inilah alasannya mengapa Samsung juga mengeluarkan Galaxy Buds Pro untuk pengganti earphone nirkamu setiap tahun. Cobain deh, lebih nyaman kok.

Baca juga: 5 Upgrade Penting Galaxy S21 Series dan Galaxy S20 Series

Casing silikon transparan juga ga terlalu krusial kehadirannya. Toh, kita lebih sering beli casing yang unik-unik sebagai personalisasi diri kita, ya kan? Akibatnya, karena ga pernah dipakai, casing silikon bawaan Samsung selalu jadi sampah yang menggunung tiap tahunnya. Jadi no big deal kan kalau ga dikasih casing?

Oia, satu lagi yang ga ada di trio smartphone Samsung Galaxy S21 5G series, yakni slot microSD, yang biasanya menyatu dengan slot sim card. Nah, hal ini juga dianggap tak terlalu masalah karena hampir semua smartphone punya memori atau storage yang besar-besar. Rata-rata di atas 128GB dengan RAM 8GB. Kalau butuh memori tambahan, bisa langganan cloud storage yang harga per bulannya juga murah. Lebih banyak menampung kontennya, bisa lebih dari 100GB.

Lalu, sebagai ganti dari semua yang hilang itu, apa saja gantinya? Banyak kok.

17_galaxys21ultra_black_silver_201230074239

Gantinya Lebih Banyak

Trio Galaxy S21 5G menggunakan display edge-to-edge Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inch dengan desain Infinity-O 120Hz. Layar yang luas dan tanpa halangan notch ini tentu bisa membuat pengalaman gaming jadi lebih mengasyikkan.

Apalagi dengan tambahan fitur refresh rate 120Hz yang bisa membuat pengalaman gaming dan scrolling media sosial jadi lebih mulus. 

Refresh rate ini juga bersifat adaptif, artinya bisa berubah otomatis mengikuti jenis konten yang ditampilkan misalnya saat menonton film atau membuka media sosial.

Dapur pacunya dibekali dengan chipset 5nm Exynos 2100 yang terbaru dan paling canggih. Dibuat menggunakan fabrikasi 5nm, chipset ini menjanjikan performa yang jauh lebih bertenaga dengan efisiensi daya yang lebih tinggi. 

Exynos itu sudah dibekali modem 5G, jadi ga heran kalau semua seri Galaxy S21 embel-embel di belakangnya ada 5G. Galaxy S21+ 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Galaxy S21 5G. Terus, yang paling penting, 5nm processing unit. Sebelumnya cuma 7 nanometer. Hasilnya, performa lebih cepat tapi hemat baterai sampai 20 persen, karena makin banyak transistor system yang bisa dimasukkan.

Prosesor ini juga dibekali dengan GPU Mali-G78 yang tersemat di dalamnya mendukung API terbaru seperti Vulkan dan OpenCL, mendongkrak kinerja grafis lebih dari 40 persen. Di bidang fotografi, 5nm Exynos 2100 juga mengalami peningkatan di image signal processor (ISP) yang bahkan mampu mendukung resolusi kamera hingga 200MP. Ga heran kalau Galaxy S21 Ultra 5G juga bisa motret sampai 108MP.

Sementara modem 5G terintegrasi 5nm Exynos 2100 mendukung spektrum sub-6GHz dan mmWave 5G dari 2G GSM/CDMA, 3G WCDMA hingga 4G LTE untuk jangkauan jaringan yang kuat dan andal.

Galaxy S21+ 5G juga didukung dengan baterai berkapasitas 4800 mAh yang lebih besar dari pendahulunya dan akan lebih awet saat digunakan untuk main game atau maraton serial TV. Sedangkan Galaxy S21 5G tetap 4000 mAh, sama dengan Galaxy S20 dulu, dan Galaxy S21 Ultra 5G dibekali baterai 5000 mAh.

s21-s20-androidauto

Kamera Lebih Keren

Trio Galaxy S21 5G juga membawa inovasi kamera terbaru. Jika kamera Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera selfie 10MP, kamera utama Wide-angle 12MP, kamera Ultra Wide 12MP dan kamera Telephoto 64MP yang didukung dengan Space Zoom 30x. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G punya spesifikasi yang lebih tinggi. Empat kamera di belakang dengan resolusi 108MP, 12MP, dan 2 lensa 10MP, sedangkan kamera selfie 40MP.

Fitur Space Zoom 30x di Galaxy S21 Ultra+ mendapat peningkatan baru dengan fitur Zoom Lock. Oia, Zoom Lock juga ada di Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 5G Ultra. Namun untuk Galaxy S21 5G Ultra punya kemampuan zoom 100x.

Fitur Zoom Lock ini memanfaatkan AI untuk menjaga titik fokus objek bidikan tetap di tengah bingkai. Selain dibekali dengan teknologi AI yang makin sempurna, kita bisa bikin video dengan kualitas sinematik. Smooth video recording dipersembahkan oleh Super Steady yang makin keren. 

Galaxy S21 Ultra 5G memiliki fitur kamera 10x periskop yang lebih canggih untuk gambar jarak jauh yang lebih tajam. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga mampu menjepret foto HDR dan RAW dalam 12-bit. Artinya, gambar dalam mode ini akan memiliki sekitar 68 juta warna atau 64 kali lipat warna dari gambar 10-bit. 

Galaxy S21 series 5G juga memiliki sejumlah fitur videografi seperti mode perekaman video 8K (24fps), 4K (30/60fps), dan perekaman video gerak lambat (Super Slow-Motion). Khusus Galaxy S21 Ultra, mode perekaman 4K 60fps kini mendukung semua kamera yang dimiliki ponsel tersebut, kamera telefoto hingga kamera ultrawide.

Fitur Single Take yang sebelumnya ada di trio Galaxy S20 juga kembali hadir di trio Galaxy S21 5G dengan membawa pembaruan. Fitur ini membawa pengaturan video baru seperti Highlight Video dan Dynamic Slow-Mo yang bisa menghasilkan video bergaya profesional dengan sekali sentuhan. Kamera trio Galaxy S21 5G juga bisa merekam video dengan resolusi 8K atau Ultra HD yang telah ditingkatkan. Tidak hanya menghadirkan video berkualitas tinggi, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang jernih dari video 8K.

Untuk yang ingin menghasilkan konten video yang lebih kreatif, ada fitur menarik bernama Director's View. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus. 

Jadi kalau mau  bikin vlog siaran langsung atau laporan pandangan mata, bisa langsung ada muka kamu di layar smartphone. Bisa pakai mode picture in picture (mirip kayak video call), atau split (mirip kayak split screen). Disebut juga Vlogger View karena saat merekam bisa menggunakan kamera depan dan kamera belakang (kamera utama) secara bersamaan.

 

Oia, semua layar trio Galaxy S21 5G juga mendukung refresh rate 120Hz. Ga heran kalau layarnya lebih smooth saat sedang nonton video di Youtube, atau bermain game yang terberat sekalipun. Nontonin video klip BTS, mantengin mukanya Jungkook sampe berjam-jam, bisa lebih puas karena layarnya si Galaxy S21 5G ini emang terang abis. 

Nah, hitung deh tuh berapa kelebihan yang disematkan di trio Samsung Galaxy S21 5G.

Yang jelas Samsung Galaxy S21 Series 5G sudah bisa dipesan mulai tanggal 14 Januari hingga dan 27 Januari 2021,konsumen yang ingin melakukan pre-order dapat mengunjungi www.galaxylaunchpack.com dan Samsung Store terdekat atau partner resmi e-commerce Samsung: Blibli,JD.id,Lazada, Shopee, Eraspace, Tokopedia, Dinomarket, Bukalapak, Akulaku, atau Bhinneka.com.

Apalagi Samsung memberikan apresiasi dengan memperpanjang masa free upgrade mulai hari ini tanggal 19 Januari hingga 27 Januari 2021, karena antusias dari konsumen.

Dan konsumen yang telah melakukan Pre-order kemarin Senin tanggal 18 Januari 2021 akan otomatis mendapatkan free upgrade.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ardani Prawira 19 January 2021 | 15:42:54

trus kalau mau bli charger nya dmn

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article