Auto

Tuas Transmisi di 'N' atau 'D' saat Mobil Berhenti? Bengkel Bilang Begini

  • 23 January 2020
  • Bagikan :
    Tuas Transmisi di 'N' atau 'D' saat Mobil Berhenti? Bengkel Bilang Begini

     Interior MINI Cooper S Countryman (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

    Uzone.id - Netizen sampai ramai membahas soal posisi tuas tramsmisi mobil matik, lebih baik di posisi N (Netral) atau D (Drive).

    Buat lebih memastikan lagi mana yang benar, Uzone.id langsung menemui Ade (39), pemilik bengkel Berlian Matic, di Jalan Kalimulya, Depok, Jawa Barat, Rabu (22/1/2020).

    "Pernah dibahas di grup matic, itu adminnya pak Ricardo, artinya orang teman-teman lama semua. Ada yang ngasih gambar dan video. Nah, itu cenderung katanya lebih bagus di D," tutur Ade.

    Baca juga: Pajero Sport Tembus RP 700 Juta, Kita Makin Miskin Atau Harga Mobil Makin Mahal?

    Namun, pria yang terbiasa menangani mobil matik merek merek Eropa, Jepang, dan Korea, ini juga banyak mendapat saran lebih baik saat mobil berhenti lama, seperti di lampu merah memposisikan tuas transmisi di Netral.

    Dia tak menyalahkan pengemudi meletakan tuas transmisi di D atau N. Namun, Ade sendiri merasa nyaman saat berhenti lama, menaruh tuas transmisi di Netral.

    "Untuk kenyamanan sebenarnya di netral, karena posisinya di D kan, posisi masuk, posisi mekanis, itu satu. Yang kedua, kalau kita kan namanya manusia kalau lupa pengamanan itu, kebanyakan orang di Netral untuk amannya. Kalau macet sama lampu merah kan beda, kalau lebih baik di Netral, sirkulasi oli juga lebih lancar," kata Ade.

    Pria ramah ini lalu menjawab tayangan video viral di sosial media. Dalam video menyarankan tuas transmisi tetap berada di 'D' saat berhenti karena mengurangi gesekan berlebih.

    "Selama sistem mekanisnya masih normal, matik cenderung kuat, awet. Memang selama dia di 'D' kan memang selalu jalannya di drive...itu cuma perkiraan saja, ada masukan dan ada yang nyaman di 'D', ada yang nyaman di Netral," kata dia.

    Hal paling penting dari perdebatan ini, bagaimana transmisi matik tidak cepat rusak, Ade menyarankan agar pemilik mobil disiplin dalam merawat mobil.

    "Sebenarnya mobil lama, mobil baru tergantung perawatan. Mobil saya Volvo (mesin matik tipe) ZF tahun 1994 sampai sekarang gak rusak-rusak. Padahal saya memakainya luar biasa, kadang saya sprint mobil saya. Ya, mungkin pikir kan ah kalau rusak saya bisa ngerjainnya ha-ha-ha," tutur Ade.

     

    VIDEO Kia Seltos First Impression

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini