icon-category Digilife

Twitter Akhirnya Bisa Bedakan Akun Manusia dan Akun Bot

  • 18 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Souvik/Unsplash

    Uzone.id - Kalian yang sering berselancar di Twitter pasti tak asing lagi dengan akun-akun bot atau autobase yang sering berlalu-lalang di timeline kalian?

    Nah, Twitter kali ini resmi meluncurkan ‘label’ untuk akun-akun bot, agar pengguna bisa membedakan mana akun bot dan mana akun non-bot.

    Selain itu, adanya fitur label ini bertujuan untuk membantu warganet Twitter untuk menyortir mana bot ‘baik’ dan bot ‘buruk’ saat scrolling di Timeline, atau membaca reply orang lain.

    Baca juga: Bye bye Akun Toxic, Twitter Seriusi Fitur ‘Safety Mode’

    “Ketika akun (bot) ini memberitahu kalian bahwa mereka adalah akun otomatis, kalian akan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang tujuan mereka saat berinteraksi,” kata Twitter saat versi awal fitur ini diluncurkan.

    Di Twitter ada banyak akun bot baik dan juga buruk. Yang baik biasanya akun bot cuaca, berita, atau akun bot mengenai topik tertentu dan lainnya.

    twitter-bot-label-test-768x768

    Sedangkan yang buruk, akun bot ini akan mencoba berpura-pura menjadi akun biasa lalu mengarahkan percakapan mereka ke arah tertentu, atau bisa jadi akun-akun bot yang berpura-pura menjadi akun resmi.

    Nantinya, akun-akun bot ini akan mendapat label ‘Automated’ dengan ikon robot dibawah akun mereka, baik itu di profil maupun ketika membuat tweet. Nantinya, akan ada juga nama akun yang menjadi admin atau pemilik dari bot tersebut.

    twitter autobase

    Baca juga: Pengguna Twitter Bakal Bisa Ngetwit Panjang Tanpa Limit?

    Twitter sendiri terus mencoba berbagai cara untuk membuat bot-bot berbahaya di platformnya menghilang, Twitter mengatakan bahwa ini adalah pertempuran yang tidak pernah berakhir.

    Sayangnya, Twitter masih harus meningkatkan kembali label dan juga upayanya untuk menghilangkan bot-bot berbahaya karena ada beberapa bot buruk yang ‘lolos’ dari kebijakan Twitter sehingga masih bisa beroperasi.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini