Digilife

Twitter Blue Akhirnya Diluncurkan, Ada Fitur Edit Tweet

  • 11 November 2021
  • Bagikan :
    Twitter Blue  Akhirnya Diluncurkan, Ada Fitur Edit Tweet

    Ilustrasi foto: Nathan Dumlao/Unsplash

    Uzone.id - Twitter akhirnya secara resmi meluncurkan fitur premium mereka ‘Twitter Blue’ dengan beberapa fitur tambahan di dalamnya.

    Fitur-fitur yang hadir di Twitter Blue merupakan fitur eksklusif yang sudah ditunggu-tunggu semua pengguna Twitter, termasuk fitur bebas iklan dan fitur undo tweet.

    Fitur berita bebas iklan

    Untuk fitur artikel berita ad-free, Twitter telah bekerja sama dengan perusahaan berita seperti The Washington Post, L.A. Times, USA TODAY, The Atlantic, Reuters, The Daily Beast, Rolling Stone, BuzzFeed, Insider dan The Hollywood Reporter.

    Nantinya, sebagian dari biaya bulanan dari pengguna akan disalurkan ke penerbit setiap kali pengguna membuka dan mengklik artikel mereka.

    Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp yang Hadir November 2021

    Pengguna Twitter Blue juga mendapat akses pada fitur Top Articles yang menampilkan artikel yang paling banyak di share selama 24 jam ke belakang.

    Sayangnya, fitur ini hanya akan tersedia di Twitter versi Android dan versi desktop.

    Fitur Undo Tweet

    Selama ini, warganet Twitter banyak menunggu kehadiran tombol edit tweet di platform tersebut. Nah, fitur baru Undo Tweet mengambil konsep ‘edit tweet’ ke dalam bentuk yang berbeda.

    Alih-alih memberikan langsung fitur edit, fitur Undo Tweet akan memberikan ‘waktu berpikir’ bagi pengguna setelah membuat Tweet. 

    Setelah mengunggah cuitan ke Twitter, pengguna mendapat timer dimana kalian bisa membatalkan tweet apabila ada typo, atau berubah pikiran. 

    Baca juga: Link Preview Hadir Lagi, Bisa Ngintip Postingan Instagram di Twitter

    Ketika timer habis, twit akan secara otomatis terkirim, atau kalian bisa menekan tombol ‘send now’ jika sudah yakin dengan cuitan tersebut.

    Fitur Reader Mode

    Ada juga fitur mode Reader yang memudahkan pengguna dalam membaca isi thread lebih mudah. Fitur ini akan mengubah thread/utas menjadi sebuah halaman panjang, mirip dengan bentuk thread yang disediakan layanan pihak ketiga, Thread Reader.

    Kemudian ada opsi untuk custom navigation bar sesuai keinginan sendiri. Di versi yang saat ini hadir, navigation bar terdiri dari Home, Explore, Notifications, dan Messages. 

    Nah, pelanggan Twitter Blue bisa menyusun ulang atau menghilangkan bar tersebut dan bahkan menambah opsi lain karena akan ada Bar tambahan dengan total 6 navigation bar. Fitur ini hanya akan tersedia di Twitter iOS.

    Bookmark Folder

    Selanjutnya, ada fitur Bookmark dengan pembaruan dan dukungan folder untuk menyusun Tweet di Bookmark agar lebih rapi dan mudah ditemukan oleh pengguna. Ada juga tema warna warni dan ikon eksklusif yang hanya tersedia bagi pelanggan Twitter Blue.

    Akses awal pada fitur baru Twitter

    Keistimewaan lain yang akan didapat oleh pengguna Twitter Blue adalah akses lebih awal pada fitur-fitur ujicoba, seperti fitur limit video 10 menit di Twitter Desktop dan pinned di DM untuk pengguna iOS.

    Sayangnya, meski ada fitur berita ad-free, pengguna Twitter Blue masih akan mendapatkan iklan di timeline mereka. Keputusan yang cukup disayangkan karena adanya iklan memicu protes dari pengguna Twitter.

    Baca juga: Bidik Anak Muda, Netflix Hadirkan Fitur Mirip TikTok

    Layanan premium Twitter Blue ini baru hadir di Amerika Serikat dan New Zealand dengan biaya bulanan USD2,99 atau sekitar Rp42 ribu.

    Entah kapan layanan ini akan tersedia untuk semua negara termasuk Indonesia, namun dilihat dari fitur yang tawarkan, layanan ini cukup menarik untuk digunakan.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini