home ×
Digilife

Twitter Tegaskan Tak Akan Pernah Bikin Fitur Edit Tweet

16 January 2020 By
Twitter Tegaskan Tak Akan Pernah Bikin Fitur Edit Tweet
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pengguna Twitter mengakui memang banyak melakukan typo pada cuitannya. Saat typo terjadi, tak ada yang bisa dilakukan karena Twitter tak memiliki fitur edit tweet. Lalu banyak pengguna kemudian yang me-mention akun Jack Dorsey dan meminta fitur itu dibikin.

Dalam sebuah video Youtube dari laman Wired, pendiri Twitter itu sempat ditanya mengenai kemungkinan platformnya memiliki fitur tersebut. Namun sayang, jawabannya sangat di luar dugaan. Dorsey bilang, hal itu sangat tidak mungkin terjadi.

Padahal, permintaan dari para pengguna ini muncul sejak 2006, sejak platform itu muncul di dunia maya.

Baca juga: Satu Kesamaan Xiaomi, Vivo dan Oppo di 2020

“Twitter berawal dari layanan pesan singkat atau SMS. Sama halnya seperti mengirim SMS, sekali kirim maka tak bisa diedit atau ditarik kembali. Kami ingin mempertahankan ‘rasa’ itu, perasaan yang muncul pertama kali sejak Twitter dibuat,” ujar Dorsey.

Dorsey merasa edit tweet tidaklah penting dan menghilangkan ‘rasa’ dari cuitan yang sifatnya spontan. Hal ini berbeda dengan Instagram atau Facebook yang memiliki fitur edit meskipun status sudah kadung diposting.

Bahkan banyak orang yang bilang jika Dorsey tidak memikirkan konsekuensi dari keputusannya itu. Padahal cuitan yang bisa diedit tak hanya berfungsi menghindari typo tapi juga menjauhkan Twitter dari penyebaran hoax atau misinformasi.

“Ya, itu memang banyak pertimbangannya. Tapi sepertinya kami tidak akan pernah membuatnya,” tegas Dorsey.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article