icon-category Digilife

Uang Kripto Terus Tumbuh, Ini Tips Bagi Pemula yang Ingin Cuan

  • 28 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Andre Francois / Unsplash)

    Uzone.id - Sejak terjadinya pandemi Covid-19 pada Maret 2020, nilai mata uang kripto atau cryptocurrency terus tumbuh. Pertumbuhannya mencapai lebih dari 19 kali lipat menjadi USD2,67 triliun.

    Bitcoin dan Ethereum merupakan mata uang kripto yang paling mempengaruhi pertumbuhan pasar ini.

    Sejak 2021, ada tiga mata uang kripto yang meroket lebih tinggi mulai 10.923 persen hingga 61.451.955 persen, per 21 November, seperti dilansir dari The Motley Fool.

    BACA JUGA: Jajal Baterai OPPO A95, 5000 mAh Fast Charging 33W

    Nah, bagi kamu yang ingin bermain kripto, ada tips dari Agung Juharto, salah satu penggiat mata uang kripto.

    Pertama, kata Agung, kita lakukan analisa terhadap tren karena sekarang trennya di fase pandemi mengangkat pemulihan sektor pariwisata.

    "Ada kripto-kripto yang digunakan untuk sign transaksi di luar negeri. Kita bisa menganalisa dan membeli salah satu token itu. Karena nanti ketika sektor pariwisata pulih akan mendapatkan profit yang lumayan lah karena sebenernya transaksinya akan besar," kata Agung saat berbicara di program Uzone Talks bertajuk
    "Tren Cryptocurrency, Cara Instan Bercuan?", Kamis (25/11/2021).

    Kedua, lanjut Agung, pastikan punya akun kripto untuk transaksi di bursa kripto. Daftar terlebih dahulu dan bikin akun di situ.

    "Mau dipakai atau enggak, yang penting kita sudah punya," kata Agung.

    Jika suatu saat nanti kita sudah mau investasi kripto, maka akun tersebut tinggal dimanfaatkan saja. Di Indonesia sendiri sudah ada 13 bursa yang sudah mendapat izin.

    BACA JUGA: 9 Smartphone yang Bakal Dapat Update MIUI 13

    Ketiga, ketika kita mau mulai main kripto, pastikan tahu resikonya terlebih dulu. Kata Agung, jangan sampai cuma karena mengikuti arahan teman, misalnya.

    Keempat, kata Agung, pastikan dengan 'uang dingin'.

    Agung juga menyarankan bagi yang ingin memulai main kripto sebaiknya mulai dengan nilai kecil.

    "Saya simulasikan dengan uang bensin Rp100.000 itu bisa, Rp10 ribu pun bisa tapi lama untuk return of investment. Di kripto itu unik, kalau saham butuh modal besar karena persentase keuntungan kenaikannya stabil 5-10 persen," jelas dia.

    "Kalau di kripto berbeda, bahkan ada case modal kecil, untung besar. Nah, itu yang selalu dipakai salah satu tagline anak-anak komunitas. Jadi tidak ada salahnya kalau kita mencoba daripada tidak mencoba walaupun Rp100 ribu, Rp50 ribu pasti bisa," ungkapnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini