icon-category Auto

Ubahannya Dikit, Ignis Facelift Gak Bakal Menggoyang Brio?

  • 10 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Honda kembali mendapat tekanan. Setelah sebelumnya Brio Satya yang ditekan dengan kemunculan duet maut Agya dan Ayla facelift, kini giliran Brio RS yang mendapat tekanan dari Suzuki Ignis facelift.

    Ya, Suzuki Indomobil Sales baru aja meluncurkan Suzuki Ignis facelift. Tapi apa benar dengan semumlah ubahannya bakal ngebuat publik kembali melirik Ignis dan menggoyang dominasi Honda Brio RS? Belum tentu.

    Secara keseluruhan, kondisi kedua mobil ini masih terbilang sama aja seperti saat sebelum hadirnya Ignis facelift. Kalaupun ada perbedaan, hanya terlihat jelas pada tampilan dari Ignis facelift yang punya wajah baru.

    Baca juga: Komparasi Fitur dan Harga MG ZS vs Honda HR-V

    Sementara kita tau, urusan desain adalah selera masing-masing. Sudah begitu, kedua mobil ini punya dua karakter desian yang berbeda, Brio lebih sporty, Ignis lebih adventure.

    Kemudian soal sensasi berkendara yang sepertinya masih unggul Brio dari sisi fun to drive. Selain handling lebih asik, manuver lebih lincah, juga penggunaan transmisi CVT di perkotaan jelas lebih nyaman dan praktis ketimbang AGS.

    Tadinya kita berharap Suzuki mau menghadirkan transmisi otomatis non AGS untuk Ignis, entah 4 speed konvensional biasa, atau CVT sekalian, tapi teryata masih sama.

    Lalu yang gak kalah penting adalah soal harga jualnya. Kalau tadinya Brio RS dianggap over price karena harga yang kemahalan sementara fiturnya kurang banyak, maka kali ini berbalik, dimana Ignis facelift akhirnya jadi lebih mahal dari Brio RS.

    Sejauh ini, Honda membanderol Honda Brio dengan harga termurah Rp184 jutaan sampai Rp 199 jutaan. Sedangkan Suzuki, membanderol Ignis paling murah Rp 171 jutaan sampai Rp200 jutaan.

    Secara harga, hanya selisih sejutaan untuk tipe tertinggi. Kondisi ini seharusnya ngebuat persaingan kedua citycar ini makin panas.

    Namun, sebagai catatan, langkah Suzuki dengan menghadirkan Ignis facelift kami prediksi masih kurang nendang, karena hanya bakal sebatas mengejar Brio RS bukan sekalian mengalahkannya.

    Ubahan yang sedikit dan serba nanggung ini gak sebanding dengan saat Honda menghadirkan All New Brio yang ubahan-ubahannya lebih radikal, terutama bagian belakangnya.

    Jadi dengan semua ubahan ini, apakah Honda Brio RS bakal tertekan dengan Ignis facelift? Atau malah sebaliknya, kehadiran Ignis facelift sama sekali gak menganggu dominasi Brio RS.

    VIDEO Komparasi MG ZS vs Honda HR-V:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini