icon-category Gadget

Udah Gak Zaman Dynamic Island, Saatnya ‘Dual Under-Display Camera’

Ilustrasi Dual Under Display Camera (Foto: Android Headlines)

Uzone.id - Samsung mungkin ogah 'meniru' Dynamic Island ala iPhone 14 Pro. Daripada nyontek konsep yang sama, Samsung malah mengembangkan inovasi yang jauh lebih baik.

Dilaporkan, pabrikan asal Korea Selatan itu sedang mengembangkan sistem kamera bernama 'dual under-display camera'. Bukan sekadar omongan belaka, Samsung sudah mematenkan teknologi ini lewat KIPRIS (Korea Intellectual Property Rights Information Service).

Dilansir GSMArena, pengembangan ini bukan baru saja terjadi, melainkan sudah sejak awal tahun lalu, tepatnya Maret 2021 (berdasarkan pengajuan hak paten Samsung).

Sistem dua kamera di bawah layar ini memungkinkan kamera untuk mendapatkan dua angle wajah pengguna bersamaan. Kemudian sistem akan membuat model wajah secara 3D yang nantinya digunakan untuk otentikasi keamanan.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Uniknya, posisi kedua kamera ini tak diletakkan di atas layar. Satu kamera diposisikan pada bagian tengah atas layar, sementara lainnya berada di bagian bawah atau tepatnya di posisi sensor under-display fingerprint berada.

Hal lain yang disebutkan dalam paten adalah mengukur ukuran pupil. Ide utamanya adalah ukuran pupil manusia yang berubah-ubah tergantung kondisi pencahayaan. Teknologi ini disebut-sebut dapat digunakan sebagai tindakan pengamanan ekstra terhadap penggunaan hal-hal seperti foto atau topeng untuk mengelabui otentikasi wajah.

Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia Lesu, Takhta Samsung Direbut Oppo

Walau sudah dipatenkan, hadirnya teknologi canggih ini masih belum dapat dipastikan. Yang jelas, Samsung sendiri sudah mengeluarkan smartphone dengan teknologi under-display camera melalui seri Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Fold4.

Belum sempurna memang, lantaran hasil kameranya yang masih amat standar. Tapi setidaknya perusahaan asal Korea Selatan itu sudah menjadi salah satu pionir dari teknologi kamera di bawah layar di industri smartphone sekarang.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini