home ×
Technology

Uji Ketahanan 4G LTE Telkomsel di Jalur Mudik

18 May 2017 By
Uji Ketahanan 4G LTE Telkomsel di Jalur Mudik
Share
Share
Share
Share

Seperti biasa, Telkomsel dan operator selular lainnya mulai memperkuat jaringan mereka disepanjang jalur yang dilalui pemudik lebaran.

"Uji coba jaringan menyambut Ramadhan dan Lebaran kali ini kami lakukan secara nasional untuk memastikan agar seluruh layanan, terutama data," kata Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan di Singhasari Hotel, Batu, Malang.

Untuk membuktikan kekuatan jaringannya di jalur mudik, Telkomsel mengajak uzone.id dan sejumlah media lainnya untuk membuktikan sendiri di rute Surabaya hingga Malang. Rute ini dianggap mewakili sebagian pemudik di Jawa Timur.

Hasilnya? Pengujian dilakukan dengan tools untuk mengukur layanan panggilan dan data. Panggilan dilakukan selama dua menit dengan jeda 30 detik setiap panggilan.

Untuk layanan internet 4G dan 3G diuji dengan cara mengunduh file 50 MB berulang-ulang sepanjang 125 KM perjalanan.

Dari pengujian itu tercatat, dari 154 uji panggilan yang dilakukan tak satupun mengalami gangguan. Kuatasnya juga baik dengan rata-rata di atas 99%. Sementara untuk layanan 4G tak ada satupun area blankspot ditemukan.

VP Network Operations Management, Andrias Indra saat menjelaskan hasil uji jaringan jalur Surabaya-Malang. (Trisno Heriyanto/uzone.id)

"Itu artinya jaringan kami sudah sangat baik," tambah ‎VP Network Operations Management, Andrias Indra yang sekaligus menjadi Chief Commander untuk RAFI 2017.

Selain jalur Surabaya – Malang, Network Drive Test tahun ini juga dilakukan di jalur mudik dan jalur arus balik meliputi jalur kereta api Jawa lintas Utara dan Selatan, Jalur Lintas Jawa (main road) dari Pelabuhan Merak – Banten hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi yang melalui Jalur Utara, Jalur Selatan dan Jalur Tol.

Selain itu uji coba juga dilakukan di Jalur Lintas Sumatera (main road) dari Bakauheni hingga Banda Aceh menempuh Jalur Lintas Barat, Jalur Lintas Tengah dan Jalur Lintas Timur.

Terdapat tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan mengingat tempat ini merupakan tujuan kedatangan pemudik selama masa lebaran, yaitu Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar. Sedangkan untuk kota keberangkatan, Jakarta, Balikpapan dan Batam merupakan lokasi yang dipilih.

"Total kami menempuh jarak 11.000 km di uji jaringan tahun ini. Di sisi lain dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 ibukota kabupaten dengan sebaran lebih dari 11.000 BTS 4G, kami harap dapat menambah kenyamanan pelanggan," pungkas Bob.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

117 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
transboy5 04 February 2020 | 08:41:52

pasti sinyal telkomsel kuat lah bila di pakai mudik

Satria Kelana 26 October 2019 | 20:59:18

kuncinya harus dipasang banyak tower

Code ERROR 404 15 October 2019 | 10:22:57

semoga sinyal telkomsel kuat saat mudik

apri 26 August 2019 | 18:34:47

klo udah pake kartu telkomsel pasti disangkah banyak duit

Frendi Orens 02 August 2019 | 01:43:57

semoga jaringan tetap stabil

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article