Uji Konsumsi Data Aplikasi e-Learning Saat di Rumah Pakai 4G LTE - Uzone
home ×
Telco

Uji Konsumsi Data Aplikasi e-Learning Saat di Rumah Pakai 4G LTE

12 May 2020 By
Uji Konsumsi Data Aplikasi e-Learning Saat di Rumah Pakai 4G LTE
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Belajar dari rumah awalnya merupakan kabar baik bagi anak dan orang tua. Karena selain bisa menghabiskan waktu di rumah seharian, kita juga bisa terhindar dari dampak mematikan virus corona. Namun ternyata, setelah dijalani, butuh kondisi internet stabil dan murah untuk bisa membuat anak nyaman belajar di rumah.

Bayangkan, jika tatap muka menggunakan aplikasi Zoom meeting dan berlangsung selama minimal 2 jam untuk satu mata pelajaran. Belum lagi jika mengakses aplikasi belajar online yang ada Playstore maupun AppStore. Belum lagi biaya berlangganan aplikasi -aplikasi tersebut.

Saat mengajari anak menggunakan aplikasi e-learning, seperti Quipper, orang tua setidaknya butuh ruang memori sekitar 55MB. Lalu membuka dua video animasi belajar dengan total durasi hampir 10 menit, mampu mengkonsumsi data sampai 62,4MB.

QuipperJika menggunakan paket data Freedom Kuota Harian dengan kuota 7GB seharga Rp39.900, dengan masa aktif 7 hari maka rata-rata dalam sehari bisa dihabiskan sekitar 1GB (1024MB) data seharga Rp5.700. Atau dengan rincian, Rp3,4 per 1 megabyte. Jika ditotal, konsumsi data 62,4 MB untuk menonton dua video tutorial di Quipper menghabiskan Rp213.

Memang masih tergolong murah untuk ukuran menonton video di aplikasi. Namun Indosat tak berhenti sampai situ. Selama masa pandemi ini, perusahaan telekomunikasi itu memberikan kuota data gratis untuk Quipper, juga aplikasi e-learning lainnya seperti Ruangguru, Zenius, sampai Sekolahmu.

belajar di rumahUntuk menikmatinya, caranya cukup mudah. Tinggal masuk ke aplikasi MyIM3, lalu pilih Beli dan scroll ke bawah untuk mencari promo 'Belajar di Rumah' Gratis Kuota 30GB. Ini Artinya, sehari kamu bisa menghabiskan sekitar 1GB data untuk belajar lewat aplikasi. 1GB data itu sama dengan menonton video di aplikasi tersebut sebanyak 16 kali.

Nah, dengan mengaktifkan paket Belajar di Rumah, saat membuka Quipper, pulsa utama tidak akan tersedot karena menggunakan kuota dari paket tersebut.

Saat belajar di rumah, performa jaringan Indosat di wilayah Jakarta Timur ini memang cukup baik. Dalam uji speedtest menggunakan aplikasi Ookla, unduhan mencapai 25,5 Mbps, sedangkan performa upload mencapai 32,6 Mbps.

speedtest isat

Paket promo internet Indosat tak hanya Freedom Kuota Harian. Ada juga Freedom Combo 50GB dengan total kuota 50GB yang bisa ditukar dengan harga Rp100.000 saja. Bayangkan, dengan paket ini, kamu mendapatkan kuota utama 25GB, Kuota Lokal 15GB dan Kuota Malam sebesar 10GB. Belum lagi ada 60 menit telepon ke semua operator.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 15:38:38

kuota murah jaringannya jelek mahal kuota sedikit jaringan bagus

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article