home ×
Telco

Ulang Tahun ke-55, Mengenal 3 Wadah Buatan Telkom untuk Startup

06 July 2020 By
Ulang Tahun ke-55, Mengenal 3 Wadah Buatan  Telkom untuk Startup
Share
Share
Share

 Foto: Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah

Uzone.id - Telkom berulang tahun hari ini, menginjak usia 55 tahun. Upaya Telkom untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia rupanya tidak main-main. Sampai saat ini ada tiga wadah yang disiapkan Telkom untuk mendukung perkembangan usaha rintisan di Indonesia.

Indonesia dipercaya menjadi kontributor utama ekonomi di Asia Tenggara dengan gross mechandise value (GMV) ekonomi digital mencapai hampir 50 persen di wilayah ini. Nilai pasar ekonomi digital di Asia Tenggara sampai 2025 nanti diprediksi mencapai USD240 miliar atau sekira Rp3,3 kuadriliun.

Banyak startup dengan valuasi cukup besar, bahkan mencapai kategori decacorn. Sebut saja Gojek, Traveloka, dan beberapa perusahaan rintisan yang dianggap telah berhasil mengubah ekonomi Indonesia.

Melihat perkembangan startup di Indonesia yang cukup berkembang dan menjanjikan inilah kemudian yang membuat perusahaan yang hari ini ulang tahun ke-55, Telkom, membangun program inkubasi untuk membantu membimbing agar startup lebih maju di bawah mentor profesional. Ada 3 wadah pengelolaan bisnis baru yang dibuat Telkom.

1. Amoeba
Amoeba merupakan program inkubasi yang ditujukan untuk menggali bakat yang ada di dalam diri para karyawan TelkomGroup. Intinya, Amoeba merupakan wadah untuk mengembangkan startup ide dari karyawan internal di Telkom. Sejak 2017, total sudah ada 147 inovasi yang dibina.

2. Indigo
Berbeda dengan Amoeba, Indigo merupakan program inkubasi dan pengembangan bakat digital untuk eksternal. Para pemilik ide inovatif di bidang digital akan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman. Indigo muncul lebih dulu ketimbang Amoeba, yakni pada 2016. Sampai sekarang sudah ada sekira 98 perusahaan rintisan yang dibina.

3. MDI Venture
Ini merupakan perusahaan modal ventura yang dibentuk Telkom. MDI Venture membantu transformasi bisnis melalui investasi digital di berbagai startup. Sampai saat ini tercatat sudah ada 38 startup yang mendapat suntikan dana senilai USD100 juta.

Selamat ulang tahun Telkom. Jangan pernah lelah ciptakan talenta digital di tanah air.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 06 July 2020 | 10:50:44

udah lama juga ya berdiri itu telkomnya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id