home ×
Auto

Unik! Gimana Cara Pindah Gigi Renault Kwid Tanpa Tongkat Transmisi?

22 May 2020 By
Unik! Gimana Cara Pindah Gigi Renault Kwid Tanpa Tongkat Transmisi?
Share
Share
Share

Uzone.id - Renault Indonesia baru aja meluncurkan Kwid, SUV mini yang imut dan berharga murah. Meski begitu, urusan fitur dan teknologi, mobil ini lumayan canggih dan unik.

Paling mencolok tentu saja ketika kalian masuk ke dalam kabinnya dan bakal kebingungan karena gak bakal menemukan tongkat transmisi yang sudah umum ada pada mobil-mobil.

Yesss, kalian cari sampai ke pabrik Renault pun gak bakal ketemu itu tongkat transmisi karena memang gak ada. Lha, terus gimana caranya mobil ini kalau mau pindah-pindah gigi?

Baca juga: Renault Indonesia Luncurkan Kwid Climber, SUV Kecil dan Murah

Nah, ini yang unik. Renault menyebutnya "Shifting with Attitude" yakni berupa kenob bulat yang bisa diputar-putar ke kanan dan kiri untuk memindah-mindahkan gigi pada transmisi Automatic Manual Tranmission (AMT) pada Kwid.

Letaknya ada di konsult tengah, dan secara tampilan, kenob tersebut sudah disempurnakan ketimbang model sebelumnya yang seperti kenob pengoperasian AC dan kompor gas. Sekarang jauh lebih berkelas dan berkesan canggih.

Ada 3 pilihan pergeseran kenob tersebut, D untuk maju, N untuk netral dan R untuk mundur. Udah sesederhana itu untuk mengoperasikan Renault Kwid, maju, mundur, netral, selesai.

Namun yang jadi kekhawatiran, karena bentuknya yang lucu, biasanya bisa menarik perhatian anak-anak untuk menyentuh-nyentuh bahkan ikut pengoperasikannya, kan bahaya..

Cara kerja transmisini ini sudah diatur menggunakan ECM yang fungsinya seperti perangkat Engine Control Unit (ECU) dan disertai fitur "creep" atau "crawl".

Fungsinya untuk menahan mobil dalam kondisi diam saat knob di posisi netral tanpa harus menginjak pedal rem. Namun begitu hal ini berbahaya ketika dilakukan pada permukaan jalan yang tidak rata.

"Awalnya saya juga mempertanyakan keamanannya. Bisa saja tak sengaja terputar saat mobil sedang melaju. Tapi, ketika berjalan, sistem tidak akan membaca perintah tersebut meski tuas transmisinya diputar," terang Sabung Priyadi, After Sales Director Maxindo Renault Indonesia (MRI).

"Ketika pintu mobil masih terbuka atau tak tertutup dengan sempurna, sistem juga tidak akan merespon perintah perpindahan gigi. Jadi ini sudah dipastikan aman untuk pengguna Renault Kwid Climber," tutupnya.

Hmm, canggih juga ya, meskipun untuk tau dan mengenal lebih lanjut, kayaknya tetap butuh test drive nih..

VIDEO Seting Audio Standar Pabrik Honda Brio Satya:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article