icon-category Technology

Unik! Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Ceres

  • 20 Sep 2018 WIB
  • Bagikan :

    Gunung berapi es ditemukan di Planet Ceres. Penelitian terbaru menunjukan jika planet kecil yang berada di antara Mars dan Jupiter tersebut adalah rumah bagi puluhan gunung berapi yang memuntahkan air es dan gas yang dikenal sebagai “Cryomagma”.

    Ini terdengar cukup mengerikan, karena gunung berapi biasanya menyemburkan lahar panas. Penelitian tentang planet Ceres sendiri telah berlangsung sejak tahun 2015 silam.

    Pesawat ruang angkasa NASA Dawn memasuki orbit di sekitar Ceres untuk mengambil gambar. Penyelidikan dilakukan untuk mencari pandangan paling komperhensif terkait planet kerdil tersebut. Hasilnya pun mulai tampak.

    Baca juga: Ilmuwan Siap Bangun “Rumah Igloo” di Planet Mars 

    Dilansir dari CNET, para ilmuwan mengatakan bahwa ada deretan gunung api dengan permukaan kawahnya yang membentang sejauh 2,5 mil ke langit yang dijuluki sebagai “Ahuna Mons”.

    Kemudian setelah diteliti lebih lanjut Ahuna Mons adalah fenomena geologis yang dikenal dengan istilah “Cryovolcano” atau gunung berapi es.

    Penelitian terbaru, yang diterbitkan pada Senin (16/9) kemarin di Nature Astronomy menunjukkan, bahwa Ahuna Mons bukan hanya anomali yang menakjubkan, tetapi planet Ceres mungkin memiliki puluhan cryovolcanoes yang tersebar di permukaannya.

    Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter 

    Dengan menggunakan komputer dan gambar yang diambil dari pesawat ruang angkasa NASA Dawn, tim peneliti yang berbasis di AS mampu mengidentifikasi 22 kubah yang mereka duga mungkin telah aktif sejak lama.

    Diameter rata-rata kubah tersebut berkisar dari sekitar 10 hingga 54 mil. Yang menarik, para peneliti menduga Cryovolcanoes tidak hanya terbatas pada Ceres.

    Analisis menilai jika Bulan, Pluto dan Saturnus, Enceladus dan Titan mungkin saja terdapat gunung berapi es. Walaupun begitu saat ini para ilmuwan masih berfokus terkait fenomena gunung berapi es di Ceres.

    Meskipun banyak informasi yang diperoleh NASA Dawn, Ceres tetap cukup misterius. Saat ini NASA Dawn masih mengorbit di Ceres dan tidak menutup kemungkinan jika fenoma unik akan muncul kembali di sana.

    Baca juga: Falcon 9 Akhirnya Meluncur Bersama “Si Pemburu Planet” 

    Pada Rabu kemarin (19/9/2018), fenomena unik juga terjadi di luar angkasa. Badan Antariksa Eropa atau ESA merilis foto yang menunjukan bahwa telah terjadi badai debu di planet Mars. Informasi tersebut diterima melalui pesawat luar angksa ExoMars Trace Gas Orbiter.

    Dari foto yang dirilis terlihat ada goresan-goresan yang tampaknya dari Badai Debu. Pihak ESA pun menamai foto tersebut dengan tulisan “Dust Devil Terlihat di Planet Mars”. [NM/HBS]

    Sumber: CNET 

    Artikel Unik! Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Ceres dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini