icon-category Travel

Unik-unik Banget, ini Ragam Sajian Kopi di Indonesia, Ada yang Pakai Durian!

  • 05 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor kopi terbesar setelah Brazil dan Vietnam. Mengutip The Jakarta Post, perkebunan kopi di dalam negeri tersebar dari Aceh sampai Papua.

    Baca juga: Mengenal Kopi Telur Vietnam yang Sudah Mendunia

    Gak heran, masyarakat kita sulit lepas dari kopi. Saking ‘akrab’-nya, orang-orang dari berbagai daerah punya cara penyajian kopi yang unik seperti berikut ini.

     

    Kopi sanger

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     

    Secangkir kopi lebih jujur darimu. Ia pahit tanpa menyembunyikan pahitnya. Ia hitam tanpa malu mengakui warnanya. #kopisanger #aceh

    A post shared by Bang Insan Pane (@insan.qsitorus) on

    Mengutip Wonderful Indonesia, sanger merupakan kopi susu khas Aceh. Untuk meningkatkan cita rasa dan tekstur, minuman ini disajikan dengan cara khusus.

    Baca juga: 5 Racikan Kopi Unik, dari Campur Keju Sampai Jus Lemon

    Perbandingan antara kopi dan susu kental manis, yaitu tiga banding satu. Sebelum itu, kopi disaring perlu disaring secara berulang.

    Kamu dapat dengan mudah menemukan minuman ini di sebagian besar restoran di Aceh. Namun, sanger terbaik ada di kedai kopi lokal.

     

    Kopi joss

    Kalau berlibur ke Yogyakarta, kamu bakal menemukan kopi joss. Mengutip Kompas.com, ini merupakan kopi yang dicampur arang yang masih membara.

    Baca juga: Liburan ke Bandung, 5 Oleh-Oleh Kekinian Ini Wajib Kamu Beli

    Bisa ditemukan di angkringan, teknik penyajian kopi joss merupakan warisan raja-raja Jawa.

     

    Kopi rarobang

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     

    Kopi Rarobang Khas Ambon, Maluku Ambon memang bukan daerah penghasil kopi, namun kecintaan akan kopi sangat terasa bagi masyarakat Ambon. Masyarakat Ambon menikmati kopi dengan racikan sendiri. Kopi hitam Arabica diseduh bersama dengan rempah seperti jahe, cengkih, kayumanis, gula pasir, sereh, dan irisan kacang kenari. Bagi masyarakat Ambon terdahulu, Kopi Rarobang bukan hanya sekadar kopi nikmat yang menenangkan. Lebih dari itu, minuman ini juga dapat memulihkan kondisi tubuh yang lelah dan juga membangkitkan semangat sebelum bekerja. Cara Membuat Kopi Rarobang : 1. Campurkan bahan - bahan seperti kopi bubuk, jahe, kayumanis, cengkih, daun pandan, dan gula pasir kedalam air lalu rebus sampai mendidih. 2. Angkat rebusan tersebut lalu saring airnya. 3. Kopi Rarobang siap untuk disajikan selagi panas. Sebagai pelengkap taburkan kenari yang disangrai diatasnya. Selamat Mencoba #chamiliancoffee #chamilian #coffee #kopikhasambon #kopidaerah #kopirarobang #rarobang #kopijahe #kopirempah #kopicengkeh #kopihitam #kopipanas #nikmatkopi #kopikental #kopi #indonesiancoffee #resepkopi #kreasikopi #nusantara #indonesiakaya #indonesia

    A post shared by Chamilian Coffee Official (@chamilian.coffee) on

    Berasal dari Ambon, kopi rarobang merupakan kopi yang disajikan dengan rempah, seperti jahe, cengkih, kayu manis, serei, gula, dan irisan kacang kenari.

    Baca juga: 3 Kuliner Wajib Coba di Mangga Besar Jakarta Barat

    Sekilas, kopi rarobang mirip qahwa. Khas Arab Saudi, qahwa adalah kopi dengan campuran rempah-rempah, seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, kunyit, dan jahe.

     

    Kopi durian

    Mengutip Suara.com, masyarakat Sumatra, seperti Bengkulu, Lampung, dan Medan, punya kebiasaan minum kopi bercampur durian.

    Baca juga: Kalau ke Seoul Cobain Burger Ini, deh, Lihat Fotonya Bikin Ngiler

    Meski asal-usulnya belum diketahui pasti, kopi durian yang creamy, manis, dan asam ini dipercaya dapat meningkatkan libido pria.

     

    Kupi khop Aceh

    Kamu pernah minum kopi dengan posisi gelas telungkup? Kalau belum, coba datang ke Aceh. Di sini, kamu bisa mencicipi kupi khop alias kopi tertelungkup.

    Baca juga: Intip 5 Rahasia Tuan Rumah Airbnb yang Jarang Diketahui Tamu

    Mengutip Kompas.com, pasalnya, cara ini bertujuan agar kopi tetap hangat dan tidak tercemar debu serta kotoran. Unik banget, ya? Kalau ada tantangan minum kopi khop, kamu berani coba?

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini