home ×
Digilife

Usai Dibobol, Situs DPR Sudah Kembali Normal

08 October 2020 By
Usai Dibobol, Situs DPR Sudah Kembali Normal
Share
Share
Share
Share

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Selang beberapa saat situs Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendadak tidak bisa dibuka dan dilaporkan telah diretas oleh hacker, kini dpr.go.id sudah bisa kembali diakses secara normal.

Dari pantauan Uzone.id, situs dpr.go.id sudah tampil seperti sedia kala, pun begitu dengan fungsi tiap menu yang disajikan di dalam situs. Sudah tidak ada kendala, eror, ataupun gagal diakses.

Di bagian atasnya juga sudah kembali pulih dengan tulisan “Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia”. Sebelumnya, jagat maya seperti Twitter dan TikTok sempat beredar tampilan situs ini yang diubah oleh si peretas menjadi “Dewan Penghianat Rakyat Republik Indonesia”.

(Situs DPR yang sudah kembali pulih)

Baca juga: Situs DPR Diserang Hacker, Diganti Jadi 'Dewan Penghianat Rakyat'

Jika melihat dari situs trekking Trends24, di jajaran Trending Topic Twitter wilayah Indonesia memang ada tagar yang berbunyi #DPRRIPengkhianatRakyat yang sejak pukul 10.00 WIB masuk di peringkat ke-lima. 

(Peringkat tagar #DPRRIPengkhianatRakyat yang berada di peringkat 5 Trending Topic Twitter di Indonesia)

Jumlah cuitan yang mengandung tagar #DPRRIPengkhianatRakyat sampai hari ini, Kamis (8/10) sudah mendulang sekitar 783 ribu cuitan.

Hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai pelaku ataupun informasi detail tentang peretasan yang menimpa situs DPR ini.

Pembobolan situs DPR ini kemudian dikaitkan dengan aksi protes terhadap DPR RI mengenai Omnibus Law RUU Cipta Kerja yang resmi disahkan menjadi UU pada Senin (5/10). Banyak pasal yang diubah sehingga menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat, khususnya pekerja.

Kehebohan seputar DPR ini juga terjadi di ranah e-commerce. Mendadak muncul penjualan Gedung DPR RI beserta isinya di Tokopedia hingga Shopee yang dibanderol secara asal-asalan, mulai dari Rp666 dan Rp10 ribu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Yusep Channel 08 October 2020 | 23:30:42

telah diretas oleh hacker, kini dpr.go.id sudah bisa kembali diakses secara normal.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article