icon-category Auto

Usai Ditinggal Liburan, Motor Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai?

  • 07 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Liburan dengan menggunakan mobil tentunya membuat motor menjadi tidak dipakai dan ditinggal di rumah. Namun saat kembali liburan, biasanya motor mulai kembali digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Nah motor yang lama tidak dipakai, tentunya tidak bisa digunakan secara asal-asalan. Meskipun motor saat ini sudah memiliki teknologi canggih, apakah masih perlu dipanaskan saat hendak digunakan?

Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor menyebutkan tips saat motor lama tidak digunakan sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu. Namun durasi pemanasannya tidak bisa terlalu lama, cukup beberapa menit saja.

"Kalau memang mau dipanaskan itu boleh, tetapi enggak boleh lama-lama terutama motor tanpa radiator. Karena kalau motor tanpa radiator kan pendinginannya saat berjalan terkena angin. Kalau keadaan diam dia tidak ada pendinginan," ujar Tris sapaan akrabnya beberapa waktu lalu.

Pria yang pernah bekerja di bengkel resmi Honda ini juga menyebutkan motor yang lama tidak digunakan memang sebaiknya dipanaskan. Mengingat saat tidak digunakan oli akan mengumpul di bagian bawah mesin.

Sehingga ketika akan digunakan perlu adanya pemanasan agar oli bisa melumasi ke bagian atas mesin. Dengan demikian komponen di bagian dalam mesin akan lebih terjaga.

"Buat memanaskan motor itu cukup 10-15 menit saja, enggak usah alma-lama. Injeksipun sebaiknya dipanaskan juga, asal piston dan olinya bergerak saja. Jadi enggak usah lama-lama," jelasnya.

Di sisi lain, jika motor tidak digunakan namun tidak ditinggal, pengguna juga diharuskan untuk memanaskannya. Hal ini dikarenakan agar tegangan aki pada motor tidak menurun.

Jika menurun, maka akan mengganggu sistem kelistrikan, terutama pada motor injeksi yang menggunakan arus pengapian DC. Adapun cara lain agar tidak perlu memanaskan motor adalah dengan mencabut kabel negatif pada aki.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini