home ×
Health

Usai Makan Sushi, Tangan Seorang Kakek Harus Diamputasi, Kok Bisa ?

30 August 2018 By
Usai Makan Sushi, Tangan Seorang Kakek Harus Diamputasi, Kok Bisa ?
Share
Share
Share
Share

Bagi penggemar sushi kini wajib berhati-hati dalam memilih ikan mentah yang akan disantap. Jangan sampai bernasib sial seperti yang dialami kakek asal Korea Selatan berusia 71 tahun yang harus rela tangannya diamputasi gara-gara luka ditangannya yang membengak usai menyantap sushi.

Dilaporkan, kakek tersebut mengalami masalah pada tangan kirinya 12 jam setelah makan makanan sushi laut mentah.

Melansir newsweek (30/8/2018), Luka yang diderita kakek ini membesar dan menjadi sebuah bisul sebesar 2 inci yang berkembang di tangannya yang diakuinya hal itu terjadi setelah dia makan sushi.

DIamputasi usai Makan Sushi [newsweek]
DIamputasi usai Makan Sushi [newsweek]

Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengunjungi Rumah Sakit di Korea Selatan setelah menderita demam selama dua hari, dan dipukul dengan “rasa sakit luar biasa” di tangan kirinya. Dokter menganalisa bahwa sang kakek kena Vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vibrio vulnificus.

Dokter lantas mengeluarkan cairan dari tangannya dan membuang jaringan yang terinfeksi. Setelah itu, sang kakek diberi resep obat antibiotika.

Sayangnya, pengobatan itu tidak berjalan baik malah makin membusuk.

Mengutip Dailymail, Lansia tersebut ternyata juga mengidap diabetes tipe 2, hingga ia malah mengalami nekrosis. 

Nekrosis adalah kematian jaringan tubuh yang terjadi akibat sedikitnya aliran darah yang sampai ke jaringan tersebut. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pasien diabetes, seperti pria tersebut, karena menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lambat.

Tenaga medis di Chonbuk National University Medical School, Jeonju, Korea Selatan akhirnya memutuskan melakukan operasi darurat pada pasien. Karena itu, tangan kiri dan lengan bawah pria tersebut harus dipotong untuk menghentikan pembusukan daging menyebar ke bagian lain dari tubuhnya.

 

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article