Digilife

Usai Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Malah Tuai Kritik

  • 21 July 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Sepertinya nasib Jeff Bezos usai terbang ke luar angkasa tidak semulus apa yang telah dialami Richard Branson. Bukan karena masalah teknis tapi lebih ke kritik tajam yang dilontarkan banyak orang. Semua ini gara-gara mulut besar Jeff Bezos.

    Usai terbang ke luar angkasa bersama adik dan dua orang penumpang lainnya, Bezos mengucapkan rasa terima kasihnya yang besar kepada orang-orang yang mewujudkan mimpinya hari itu. Sayangnya, justru kalimat terima kasih inilah yang dianggap sangat tidak pantas.

    "Saya ingin berterima kasih kepada para karyawan Amazon dan setiap pelanggan Amazon. Ini uang kalian semua. Kalian yang membayar proyek ini," ujar Bezos, saat memberikan keterangan usai menjadi orang kedua yang berhasil wisata ke luar angkasa.

    Baca juga: Persaingan Level Orang Tajir ke Luar Angkasa

    Kritikan pun langsung dilayangkan menanggapi komentar Bezos ini, termasuk di antaranya anggota kongres AS Elizabeth Warren dan Geoff Bennett.

    "Bezos mengucapkan terima kasih kepada semua karyawan dan pelanggan Amazon karena kalian semua yang membayari wisatanya ke luar angkasa,"ujar Geoff Bennett.

    "Jeff Bezos lupa berterima kasih kepada warga AS yang membayar pajak untuk bisa membuat negara ini tetap berdiri, sedangkan dia dan Amazon tak membayar sepeserpun," ujar Elizabeth Warren.

    Baca juga: Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa

    Selain itu, misi ambisius Bezos juga sempat mendapat kritik karena menawarkan perjalanan luar angkasa yang dikhususkan bagi orang-orang super kaya -- banyak yang menganggap uang yang dihamburkan tersebut dapat digunakan untuk kenaikan gaji para karyawannya atau berkontribusi melawan perubahan iklim.

    Meskipun Bezos tentu saja tidak sendirian dalam menemukan cara untuk menghindari kewajiban pajak, total kekayaannya sangat besar sehingga mudah untuk menjadi sasaran bagi multi-miliarder. Menurut sebuah laporan bulan lalu oleh ProPublica, orang-orang terkaya di dunia pandai menghindari pajak seperti halnya Mike Trout dan Jeff Bezos, serta masih banyak lagi.

    Diperkirakan pendiri Amazon memiliki tarif pajak efektif 0,98 persen periode 2014-2018.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);